Ads by Google

Home » , , » Cara Mengganti Format Video

Cara Mengganti Format Video

Mengganti format video menjadi sangat penting apabila video tersebut tidak dapat diputar pada perangkat anda karena perbedaan format dan dukungan fitur pemutar media pada perangkat yang anda gunakan, misalkan ponsel.

Suatu contoh, apabila file video yang ingin anda putar diponsel berformat avi sementara ponsel anda hanya dapat memutar video dalam format 3gp atau mp4, maka video tersebut tidak akan bisa dibuka menggunakan ponsel anda.

Untuk mengatasi hal tersebut, maka yang harus dilakukan adalah merubah format video dari avi atau format lainnya ke format 3gp/mp4 (sesuai dengan format video yang dapat diputar pada perangkat ponsel anda). Jika anda menggunakan ponsel Blackberry 10, maka banyak format video yang dapat diputar pada ponsel tersebut.

Ada banyak sekali software converter video yang bisa anda gunakan untuk merubah file video anda dari format tertentu ke format yang anda kehendaki, misalkan dari avi ke 3gp, atau dari flv ke mp4. Silakan download softwarenya disitus-situs penyedia software video converter.

Sebagian besar ponsel yang sudah dilengkap fitur pemutar media (video) support file 3gp. Pada tutorial cara convert video kali ini saya akan menggunakan software cloudy video converter. Software ini sangat ringan, cepat dan juga mudah digunakan. Anda bisa mengunduhnya lewat situs penyedia software, seperti softpedia.com atau download.cnet

Langkah-langkah untuk merubah format video/video format converting

Download software video converter "Cloudy video converter"

Jalankan software tersebut

Cara mengganti format video

Klik menu Video converter (dalam lingkaran merah)

Cara convert format video

Klik menu Add video, kemudian buka file video yang ingin anda rubah formatnya. Selanjutnya klik menu Start.

Silakan tunggu sampai proses converting (perubahan format video) selesai. Bergantung pada ukuran asal file video anda, semakin besar ukurannya maka akan semakin lama prosesnya.

Ads by Google