Contoh Surat Izin

Pengertian Surat Izin


Contoh Surat - Surat izin adalah surat permohonan untuk tidak mengikuti kegiatan kerja, dan surat izin juga adalah sebagai tanda yang resmi untuk suatu ketentuan dalam melakukan sebuah aktivitas, dengan adanya surat izin kita bisa mengikuti peraturan yang ada dalam kegiatan kita.

Seorang siswa yang tidak masuk sekolah karena sedang berhalangan sebaiknya memberitahukan kepada pihak sekolah. Halangan yang sedang dihadapi bisa berbagai macam, antara lain sedang sakit, menghadiri acara pernikahan saudara, atau pulang kampung karena suatu urusan penting. Salah satu cara memberitahukan kepada pihak sekolah adalah mengirimkan surat izin tidak masuk sekolah.

Sering kali banyak siswa-siswi yang melupakan cara membuat surat izin yang baik dan benar, tentunya dengan bahasa yang sesuai dengan EYD (Ejaan Yang Disempurnakan). nah memang sangat penting sekali hal ini dipelajari karena sewaktu-waktu kita ada keperluan keluarga ataupun sakit, hendaknya membuat Surat Izin terlebih dahulu, agar disekolah tidak alpha. melihat pentingnya dari surat izin ini, kalian semua harus bisa ya membuatnya sendiri.

Dalam kehidupan sehari - hari, kita pasti akan melakukan komunikasi baik dengan jenis tulisan maupun jenis lisan. Namun, seseorang lebih banyak menggunakan komunikasi dalam bentuk lisan untuk menyampaikan maksud mereka. Seseorang berkomunikasi dalam bentuk tertulis hanya dalam keadaan yang tidak memungkinkan untuk bertatap muka.

Surat memiliki sistematika dalam penulisannya, yaitu kepala, isi / badan, dan kaki. Sistematika itu bertujuan untuk memudahkan kita dalam menemukan maksud dari penulis. Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas lebih jelas tentang surat izin kegiatan. Surat izin kegiatan adalah surat izin yang dibuat oleh seseorang atau sekelompok orang yang akan melakukan suatu kegiatan. Misalkan contoh surat izin kegiatan pramuka, kegiatan osis. Biasanya surat izin kegiatan ditulis oleh seseorang dan diajukan kepada pihak yang berwenang, seperti contoh surat izin kegiatan ke polisi atau kepada orangtua.

Contoh Surat Izin


Contoh Surat Izin - Setelah memahami uraian diatas tentu Anda sudah memiliki gambaran bagaimana membuat surat izin yang baik dan benar bukan. Namun agar lebih jelas bagaimana format surat izin, berikut saya bagikan beberapa contoh surat izin. Perhatikan juga aspek - aspek yang sudah saya sebutkan diatas sebelumnya. Simak dan pelajari baik - baik tata penulisannya.

Contoh Surat Izin


Bantaeng, 9 Maret 2016
Kepada Yth. Bapak/Ibu Guru
SMA Negeri 2 Bantaeng

Dengan Hormat,

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama: Zaenuddin Kabai
Tempat/Tanggal Lahir: Bantaeng, 7 Januari 1960
Alamat: Jl. Bungung Barania No. 34 Bantaeng

Atas nama orang tua dari anak yang bernama Nurhikmah Ramadhan kelas XI IPA 2, dengan ini mohon izin kepada Bapak/Ibu Guru di Sekolah SMA Negeri 2 Bantaeng. Bahwasanya mulai hari Kamis tanggal 10 Maret 2016 s/d hari Sabtu tanggal 12 Maret 2016, yang bersangkutan tidak dapat hadir untuk mengikuti pelajaran seperti biasanya, dikarenakan ada keperluan yang sangat penting di kampung halaman. Oleh karena itu kiranya Bapak/Ibu Guru dapat memberi izin kepada anak saya tersebut.

Demikian surat izin ini dibuat, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.



Hormat Saya
Orang Tua

Ttd
Zaenuddin Kabai

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat izin tidak masuk sekolah yang di tulis oleh orangtua siswa guna menghadiri keperluan keluarga. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat izin.



Baca Juga :

- Contoh Surat Keterangan
- Contoh Surat Penawaran Barang
- Contoh Surat Permintaan Barang

Contoh Surat Izin II


Nomor      : ..... / ..... / ..... / .....
Lampiran : 1 Buah Proposal
Hal            : Permohonan Izin Kegiatan


Kepada Yth,
Kepala Sekolah SMK Negeri 1 Magelang
Di Tempat


Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, dan semoga kita selalu dalam limpahan iman kepada-Nya. Shalawat dan sholawat serta salam semoga senantiasa tercurah kepada Nabi besar Muhammad SAW hingga akhir zaman.

Sehubungan dengan akan di adakannya kegiatan Pameran akhir tahun yang rencananya Insya alllah akan diselenggarakan pada :

Hari/Tanggal  : Minggu, 21 agustus 2015
Waktu              : 09.00 WIB sampai selesai
Tempat           : Gedung serba guna SMK N 1 Magelang

Maka kami selaku panitia pelaksana kegiatan bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan di tempat tersebut.

Mengingat akan pentingnya kegiatan ini, besar harapan kami agar permohonan izin penggunaan tempat ini di kabulkan sehingga kegiatan ini bisa terlaksana. Atas perhatian dan dukungan yang di berikan kami ucapkan banyak terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Ketua Panitia,

( Tanda Tangan )

Harisma Setiawan

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat izin dari pengurus osis yang bermaksud mengadakan suatu acara di sekolahnya. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat izin.

Contoh Surat Izin III


Nomor      : ..... / ..... / ..... / .....
Lampiran : ..........................
Hal            : Permohonan Izin Kegiatan


Kepada Yth,
Pembantu Dekan III
FMIPA Universitas ....................
Di Tempat


Assalamualaikum Wr. Wb.

Segala puji bagi Allah SWT yang telah melimpahkan rahmat dan hidayah-Nya, semoga kita selalu dalam limpahan iman dan keindahan bertawakkal kepada-Nya. Shalawat dan salam semoga senantiasa tercurah kepada Rasulullah Muhammad SAW, keluarga, sahabat, dan para pengikutnya yang tetap istiqamah hingga akhir zaman.

Sehubungan dengan akan diadakannya kegiatan ................... yang Insyaalllah akan diselenggarakan pada :

Hari / Tanggal : ............................
Waktu               : ............................
Tempat            : .............................

Maka kami selaku pelaksana bermaksud memohon izin untuk mengadakan kegiatan kegiatan tersebut.

Mengingat pentingnya kegiatan ini, besar harapan kami agar permohonan izin diperkenankan sehingga kegiatan ini dapat terlaksana. Atas perhatian dan dukungannya, kami ucapkan terima kasih.

Wassalamualaikum Wr. Wb.



Panitia .......................................
Menyetujui,


Ketua Pelaksana                                                                                                 Sekretaris


( ..................... )                                                                                            ( ..................... )


Mengetahui,
Ketua .............................................


( ........................... )

Surat diatas juga merupakan salah satu contoh surat izin pelaksanaan kegiatan, namun kali ini yang mengeluarkan surat tersebut adalah salah satu organisasi kemahasiswaa. Berikutnya akan kami berikan contoh lain dari surat kegiatan.

Contoh Surat Izin IV


SURAT PERMOHONAN IZIN



Magelang, 18 Juli 2015

Nomor     : ..... / ..... / ..... / .....
Lampiran : 1 Buah Proposal
Hal           : Permohonan Izin Penyelenggaraan Kegiatan


Kepada Yth,
Ketua RW. 10
Di Tempat


Dengan hormat,

Dala rangka memeriahkan HUT RI ke 70, kami selaku penurus Karang Taruna RW. 10 bermaksud akan menyelenggarakan kegiatan perlombaan panjat pinang pada :

Hari        : Minggi
Tanggal : 18 Agustus 2015
Waktu    : Pukul 08.00 WIB s/d selesai
Tempat  : Lapangan serba guna RW 10

Demi suksesnya penyelenggaraan acara tersebut kami selaku pengurus karang taruna RW. 10 dan juga panitia acara memohon izin dan persetujuan untuk menggunakan lapangan serba guna RW 10.

Demikian surat permohonan ini kami ajukan, atas perhatian dan ijin yang di berikan kami ucapkan terima kasih.




Teratanda,
Ketua Karang Taruna RW. 10


Setiawan Wahyu

Surat diatas juga merupakan salah satu contoh surat izin prmohonan penyelenggaraan kegiatan, namun yang mengeluarkan surat tersebut adalah karang taruna di suatu desa guna menyelenggaraakan lomba untuk merayakan kemerdekaan Indonesia. Semoga contoh - contoh surat di atas dapat menambah wawasan dan referensi Anda mengenai surat izin.

Demikian info seputar contoh surat izin yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat, sebagai bahan tugas sekolah maupun yang sedang cari - cari ide buat menulis surat untuk teman, saudara, atau orangtuanya, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.



0 Response to "Contoh Surat Izin"

Post a Comment

close