Contoh Surat Permintaan Barang

Pengertian Surat Permintaan Barang


Contoh Surat - Di dalam kegiatan niaga atau jual beli, surat memegang peranan yang sangat penting. Umumnya, hubungan yang terjadi diantara penjual dan pembeli dimulai dari adanya surat menyurat yang dibuat oleh calon pembeli, berupa surat permintaan penawaran. Meski bisa juga, si penjual yang lebih dulu memberikan surat penawaran pada pembeli.

Bagi mereka yang bergerak dalam hubungan tata niaga, mengetahui cara penulisa surat permintaan penawaran ini adalah hal penting. Untuk belajar mengenai surat permintaan penawaran dan contoh surat permintaan penawaran yang baik, dapat dipelajari dari keterangan berikut ini.

Pengertian dari surat permintaan penawaran adalah surat yang dikirimkan oleh calon pembeli kepada calon penjual, yang isinya dimaksudkan untuk meminta keterangan mengenai suatu barang yang dibutuhkan atau ingin dibeli.

Selain melalui surat permintaan penawaran, sebetulnya permintaan keterangan mengenai barang–barang yang diinginkan tersebut juga dapat disampaikan melalui surat permintaan daftar harga, yang pada intinya, kedua jenis surat ini adalah sama.

Di dalam surat permintaan penawaran, calon pembeli perlu untuk menuliskan informasi apa saja yang dibutuhkan mengenai produk dan lain hal. Informasi umum yang dibutuhkan calon pembeli umumnya meliputi daftar harga barang, syarat pembayaran, jumlah barang, kualitas, cara pemeliharaan, dan diskon yang bisa diberikan serta lain sebagainya.

Tujuan Surat Permintaan Barang


Sama halnya dengan definisi surat permintaan barang, tujuan dari surat permintaan barang pun hampir sama dengan pengertiannya. Tujuan surat permintaan barang yaitu untuk memesan produk tertentu baik itu berupa barang maupun jasa yang kemudian disampaikan secara pribadi atau perorangan maupun oleh instansi atau perusahaan.

Cara Membuat Surat Permintaan Barang


Sebelum memulai membuat surat permintaan penawaran, hendaknya disusun suatu perencanaan yang tepat dan sejelas – jelasnya. Perencanaan ini pun harus berisi informasi lengkap dan tidak ambigu agar penjual dapat menangkap dengan jelas apa yang diinginkan calon pembeli.

Cara membuat surat permintaan penawaran ini diawali dengan meninjau isi surat permintaan secara lengkap dan jelas. Beberapa hal yang perlu diperhatikan dalam surat permintaan penawaran, secara umum ialah :

a. Jenis barang yang dibutuhkan
b. Jumlah barang yang dibutuhkan
c. Kualitas barang di sertai contoh
d. Potongan harga yang ada
e. Syarat penyerahan dan pembayaran

Setelah mengetahui isi surat permintaan penawaran yang hendak disampaikan, selanjutnya surat permintaan penawaran dapat segera disusun dengan berpedoman pada beberapa hal mengenai cara membuat surat permintaan penawaran yang baik, yakni :

a. Mintalah keterangan yang rinci terkait barang – barang apa saja yang dibutuhkan.
b. Nyatakan dengan jelas alasan – alasan yang mendorong Anda mengajukan surat permintaan penawaran tersebut.
c. Bantulah pembaca dalam memberikan sesuatu yang Anda butuhkan dengan menunjukkan semua data yang ada hubungannya dengan barang yang dibutuhkan.
d. Akhiri surat dengan kata – kata yang saling menguntungkan kedua belah pihak, semisal dengan ucapan terima kasih atau penghargaan.

Seorang calon pembeli dapat juga membuat surat permintaan penawaran untuk disampaikan pada beberapa perusahaan sekaligus. Hal ini sah – sah saja mengingat kepentingan pembeli adalah untuk memperoleh penawaran harga yang paling menguntungkan.

Contoh Surat Permintaan Barang


Contoh Surat Permintaan Barang – Surat permintaan barang adalah surat yang di buat oleh calon pembeli kepada penjual/produsen barang untuk mengirimkan penawaran barang/produk yang di minati oleh calon pembeli tersebut, dengan kata lain calon pembeli ini benar-benar berminat membeli barang/produk yang dimiliki penjual.

Surat permintaan barang ini biasanya diterbitkan sebagai respon atas surat perkenalan produk yang dikirimkan oleh penjual kepada calon pembeli tersebut beberapa waktu sebelumnya. Surat perkenalan produk ini mampu menarik minat calon pembeli untuk membeli barang/produk tersebut. Isi surat permintaan barang biasanya berupa permintaan penjelasan secara rinci terkait dengan barang/produk yang dijual, seperti nama dan spesifikasi produk, harga, cara pembayaran, dan cara pengiriman barang.

Contoh Surat Penawaran Produk


CUSTOMIZED BOX
BUNDA KREATIF 6 CIPUTAT TANGERANG
Telpon. : (021) 30125117 e-mail : box@bundainbiz.com

Jakarta, 9 Juni 2006

Nomor     : 005/Marketing-SP/VI/2006
Lampiran : 1 Berkas

Yth,
Diandrabizz
Bintaro Jaya
Jakarta

u.p. Bunda Ina

Perihal: Penawaran menjadi supplier Kemasan Produk
Kami, produsen kemasan produk dari bahan baku kertas bermaksud menawarkan kerjasama kepada Anda. Kami melihat produk jilbab Anda digemari banyak orang dan banyak yang memakai produk Anda sebagai hadiah dan kami memiliki kemasan yang unik sebagai pelengkap produk Anda.

Kami memproduksi Customized Box dengan berbagai tema, ukuran, dan jenis. Kami namakan Customized Box karena kemasan yang kami buat bisa menyesuaikan dengan kebutuhan Anda. Bersamaan surat ini, kami lampirkan spesifikasi beserta harga masing-masing item dari produk kami.

Kami yakin produk kami tidak akan mengecewakan Anda. Semoga kita bisa bekerja sama. Terima kasih.


Divisi Marketing,


Nadia Yuniardo

Demikian info seputar Contoh Surat Permintaan Barang yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat tentang permintaan barang, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.


1 Response to "Contoh Surat Permintaan Barang"

close