Contoh Surat Permohonan

Halo para neter semua, apa kabar? Ketemu lagi dengan kami di blog Contoh Surat yang menyajikan berbagai contoh - contoh surat dari berbagai macam jenis surat dan penulisannya. Jika sebelumnya kami sudah membagian tentang Contoh Surat Izin, sekarang kami ingin sedikit membahas tentang Contoh Surat Permohonan.

Surat permohonan merupakan sebuah surat yang dibuat oleh seseorang yang isi pokoknya ialah permintaan atau permohonan seseorang terhadap orang lain, lembaga, perusahaan atau instansi tertentu. Ada berbagai macam surat permohonan, diantaranya ialah surat permohonan bantuan dana, surat permohonan bantuan buku, surat permohonan bantuan kredit, surat permohonan beasiswa, surat permohonan izin tempat usaha, surat permohonan kerja, surat permohonan izin cuti pegawai, surat permohonan izin tidak masuk sekolah, dan masih banyak contoh-contoh surat permohonan lainnya.

Surat permohonan dikirimkan oleh pembuat surat kepada seseorang / instansi yang secara structural organisasi lebih tinggi. Berbeda sebutannya bila seseorang/instansi atau pejabat yang lebih rendah yang meminta / memohon seseuatu, lebih tepat disebut surat permintaan atau penugasan atau surat perintah walaupun maksud inti dai surat tersebut sama.

Contoh Surat Permohonan


Untuk lebih jelasnya, kami akan berikan Contoh Surat Permohonan yang sudah kami rangkum untuk Anda agar lebih mudah dipahami. Mari kita simak sama - sama bagaimana penulisan surat permohonan yang baik dan benar.

Contoh Surat Permohonan


PANITIA PENGEMBANGAN BANGUNAN
MASJID AL-HIKMAH GIRI JAYA
KELURAHAN SUMBER AGUNG KECAMATAN KEMILING

Nomor             :  013/Panpel/Masjid Al-Hikmah /I/2013
Lampiran         :  1 (satu) Buah Proposal
Perihal              :  Permohonan Bantuan Dana



Kepada Yth.
Bapak Gubernur  Lampung
Di –
Bandar Lampung



Assalamu’alaikum wr.wb.

Dengan hormat,

Teriring rasa syukur kita panjatkan ke hadirat Allah SWT atas limpahan rahmat dan karunia-Nya. Shalawat serta salam pada suri tauladan kita Nabi Muhammad SAW, pemimpin umat sejati.

Sehubungan dengan telah dimulainya pengembangan bangunan Masjid Al-Hikmah Giri Jaya Sumber Agung oleh Panitia Pengembangan Bangunan pada bulan Januari 2013 s.d selesai bertempat di Masjid Al-Hikmah dengan alamat Jl. Cempaka No.10 Kelurahan Sumber Agung Kecamatan Kemiling.

Maka dengan ini kami mengajukan permohonan bantuan dana kepada Bapak demi terselenggaranya niat kami untuk mengembangkan bangunan Masjid Al-Hikmah sehingga lebih berdaya guna bagi kegiatan islami di masyarakat.

Demikianlah surat permohonan bantuan dana ini kami buat dan sampaikan. Atas perhatian dan partisipasinya kami ucapkan terima kasih. Semoga amal ibadah kita diterima oleh Allah SWT.
Wassalamu’alaikum wr.wb.



Ketua Pelaksana

ttd Ketua

nama Ketua
Bandar Lampung, 15 Januari 2013
Panitia Pengembangan Bangunan
Masjid Al-Hikmah Giri Jaya S. Agung

Sekretaris

ttd Sekretaris

nama Sekretaris


Mengetahui,

Lurah Sumber Agung

ttd Lurah

NAMA LURAHNYA, S.Sos.
Ketua Masjid Al-Hikmah

ttd Ketua

nama Ketua Masjid 

Dengan contoh surat ini menunjukkan bahwa kita benar benar secara resmi mengajukan permohonan dana. Surat ini juga digunakan untuk mempermudah kita menyampaikan maksud (yaitu memohon bantuan dana) kepada orang/badan yang dimaksud jika kita sulit bertemu dengan orang/badan tersebut.


Lihat Juga :

- Contoh Surat Izin
- Contoh Surat Pemberitahuan
- Contoh Surat Resmi


Contoh Surat Permohonan II


Bandung, 30 Juni 2013

Hal : Permohonan Cerai Talak
Kepada
Yth. Ketua Pengadilan Agama Bandung
di Bandung

Assalamu’alaikum wr. wb.


Kami yang bertanda tangan di bawah ini :

Nama                            : Asep Soleh Bin Aceng Suratman
Umur                             : 40 tahun
Agama                          : Islam
Pendidikan terakhir    : Strata 1
Pekerjaan                     : Karyawan Swasta
Tempat kediaman di   : Jalan Sukaluyu 1 Gg. 34 No. 312 Bandung

Selanjutnya disebut sebagai Pemohon.

Dengan hormat, Pemohon mengajukan permohonan cerai terhadap istri saya:

Nama                            : Ida Kamila Wati Binti Nurjaman
Umur                             : 38 tahun
Agama                          : Islam
Pendidikan terakhir    : Diploma III
Pekerjaan                     : Karyawan Swasta
Tempat kediaman di   : Jalan Gagak No. 321 Bandung

Selanjutnya disebut sebagai Termohon.

Adapun alasan/dalil – dalil permohonan Pemohon sebagai berikut :

1.   Bahwa Pemohon dan Termohon adalah suami istri yang melangsungkan pernikahan pada tanggal 20 April 2000 dan dicatat oleh Pegawai Pencatat Nikah Kantor Urusan Agama Kecamatan Sukasenang sesuai Kutipan Akta Nikah Nomor : 1464/215/IV/2000, tanggal 20 April 2000.

2. Bahwa setelah pernikahan tersebut Pemohon dengan Termohon bertempat tinggal di Jalan Gagak No. 321 Bandung selama 12 tahun 10 bulan dan selama  pernikahan tersebut Pemohon dengan Termohon telah rukun baik sebagaimana layaknya suami istri dan telah dikaruniai 3 orang anak masing-masing bernama :

a) Dona Ramadona       lahir tanggal 11 Januari 2002
b) Doni Ramadoni         lahir tanggal 21 Oktober 2005
c) Dira Ramadira            lahir tanggal 17 Desember 2008

Ke 3 anak tersebut dalam asuhan Pemohon dan Termohon.

3. Bahwa pada mulanya rumah tangga Pemohon dan Termohon dalam keadaan rukun, namun sejak bulan Februari tahun 2013 ketentraman rumah tangga Pemohon dengan Termohon mulai goyah, yaitu antara Pemohon dengan Termohon sering terjadi perselisihan dan pertengkaran yang penyebabnya antara lain: Termohon tidak menghargai Pemohon sebagai seorang suami yang sah, yakni ia terlalu berani dan seringkali membantah perkataan Pemohon dalam rangka membina rumah tangga yang baik;

4. Bahwa Perselisihan dan pertengkaran itu berkelanjutan terus-menerus sehingga akhirnya sejak tanggal 14 bulan Februari Tahun 2013 hingga sekarang selama kurang lebih 4 bulan 15 hari, Pemohon dan Termohon telah berpisah tempat tinggal/berpisah ranjang karena Pemohon telah pergi meninggalkan tempat kediaman bersama, yang mana dalam pisah rumah tersebut saat ini Pemohon bertempat tinggal di Jalan Sukaluyu 1 Gg. 34 No. 312 Bandung dan Termohon bertempat tinggal di Jalan Gagak No. 321 Bandung dan selama itu sudah tidak ada hubungan lagi;

5. Bahwa adanya perselisihan dan pertengkaran yang terus menerus tersebut mengakibatkan rumah tangga Pemohon dan Termohon tidak ada kebahagiaan lahir dan batin dan tidak ada harapan untuk kembali membina rumah tangga;

6. Bahwa pihak keluarga sudah berusaha mendamaikan Pemohon dan Termohon namun tidak berhasil.

7. Bahwa atas dasar uraian diatas permohonan Pemohon telah memenuhi alasan perceraian sebagaimana diatur dalam Undang- Undang No.1 tahun 1974 Jo. Peraturan Pemerintah No. 9 tahun 1975 pasal 19 Jo. Kompilasi Hukum Islam pasal 116.

8 Bahwa Pemohon sanggup membayar seluruh biaya yang timbul akibat perkara ini.
Berdasarkan alasan/dalil-dalil diatas, Pemohon mohon agar Ketua Pengadilan Agama Kelas 1 Bandung segera memeriksa dan mengadili perkara ini, selanjutnya menjatuhkan putusan yang amarnya sebagai berikut :

PRIMAIR
  1. Mengabulkan permohonan Pemohon;
  2. Memberikan ijin kepada Pemohon Asep Soleh Bin Aceng Suratman untuk menjatuhkan talak satu raj’i kepada Ida Kamila Wati Binti Nurjaman di hadapan sidang Pengadilan Agama Bandung;
  3. Membebankan biaya perkara menurut Hukum;
SUBSIDAIR
Atau menjatuhkan putusan lain yang seadil-adilnya;
Demikian atas terkabulnya permohonan ini, Pemohon menyampaikan terima kasih.
Wassalamu’alaikum wr. wb.


Termohon


(Ida Kamila Wati Binti Nurjaman)
Pemohon


(Asep Soleh Bin Aceng Suratman)

Apabila selalu terjadi hal-hal yang tidak baik dalam pernikahan, solusi terakhir adalah perceraian. Untu mengurus proses perceraian secara hukum, dibutuhkan permohonan cerai ke pengadilan agama setempat. Dalam pembuatan surat permohonan cerai talak, bisa dilakukan oleh suami ataupun istri. Tentu isinya berbeda yhaa (walapupun tujuanyna sama).

Contoh Surat Permohonan III


PT. BINA BANGUN INDONESIA

“Integrated Property Services”
Jl. Kapten Suratmin, No. 319, Mampang Prapatan, Jakarta Selatan
Telp. 021 77712892, Fax 021 77712891

No.                         : B/112/BBI/02/2016
Lampiran             : –

Kepada Yth.
Seluruh Tenant
Gedung Menara BBI
Jl. Kapten Suratmin, No. 319, Jakarta

Up.         : Bapak/Ibu Pimpinan

Perihal  : Permohonan Maaf Gangguan Air

Dengan Hormat,

Bersama ini, kami pengelola gedung ingin menyampaikan permohonan maaf atas adanya gangguan aliran air bersih di public area kantor Bapak/Ibu di Gedung Menara BBI. Berdasarkan informasi yang kami terima dari PT. Palyja (PAM) bahwa Instalasi Pipa Air Utama pecah pada pukul 22.00 WIB. Hal ini mengakibatkan terganggunya proses pendistribusian air bersih PT. Palyja (PAM) pada hampir seluruh wilayah di Jakarta termasuk di Gedung Menara BBI.

Sebagai informasi bahwa kami juga sudah menyalakan cadangan air bawah tanah (deep well) mulai pukul 07.45 WIB hari ini namun tidak mampu memenuhi kebutuhan air bersih seperti biasanya.

Berkenaan dengan hal tersebut di atas, sekali lagi kami sampaikan permohonan maaf yang sebesar-besarnya karena kejadian tersebut telah menimbulkan ketidaknyamanan dan mengganggu kegiatan operasional di perusahaan Bapak/Ibu. Kami dan PT. Palyja (PAM) akan berusaha semaksimal mungkin agar gangguan ini dapat teratasi secepatnya.

Demikian kami sampaikan, atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.
Jakarta, 02 Februari 2016

Evan Kurniawan Bachdim
Building Manager

Tembusan:
  1. Building Manager
  2. Manager OC
  3. Palyja (PAM)

Dalam dunia bisnis sangat memungkinakan terjadinya kejadian/masalah yang tidak diinginkan yang dapat mempengaruhi kualitas hubungan kerjasama antar kedua belah pihak. Sebagai perusahaan yang baik tentu perlu memberikan surat permohonan maaf secara resmi kepada perusahaan rekanan terkait hal ini.



0 Response to "Contoh Surat Permohonan"

Post a Comment

close