Contoh Surat Pernyataan

Pengertian Surat Pernyataan


Contoh Surat - Surat pernyataan merupakan sebuah surat yang dibuat dalam rangka untuk membuat keterangan tentang kesanggupan untuk melakukan sesuatu. Selain itu surat pernyataan juga biasa digunakan untuk menerangkan bahwa orang atau kelompok tersebut pernah melakukan sesuatu atau sebaliknya.

Surat Pernyataan biasanya dilengkapi dengan meterai enam ribu atau hanya sekedar tanda tangan biasa. Untuk surat yang bersifat resmi dan penting biasa wajib menggunakan meterai. Surat pernyataan bisa dibuat sendiri untuk menyatakan suatu kesanggupan untuk melakukan hal tertentu, atau dibuat oleh pihak ketiga yang memberikan keadaan orang yang ada di dalam surat tersebut.

Membuat surat pernyataan sangatlah gampang, yang harus kita perhatikan adalah kaidah bahasa dan tata cara penulisannya. Hanya mengingatkan kembali bahwasanya Surat Pernyataan itu memiliki banyak manfaat. Fungsi dari surat pernyataan yang paling penting adalah untuk menerangkan suatu kondisi entah itu untuk perseorangan atau kelompok maupun instansi.

Surat Pernyataan kerja sangat membantu seorang karyawan untuk melakukan pekerjaan terutama yang bekerja di lapangan. Surat keterangan kerja ini bisa menjadi bukti seseorang memang benar bekerja disuatu institusi ataupun perusahaan.

Contoh Surat Pernyataan


Contoh Surat Pernyataan - Contoh surat pernyataan adalah surat keterangan berkelakuan baik, surat pengalaman kerja, surat keterangan kerja, surat keterangan tidak mampu dan lain sebagainya. Berikut ini telah saya siapkan beberapa contoh surat pernyataan terbaru untuk Anda agar bisa dijadikan referensi dalam menyusun surat tersebut. Simak dan pelajari baik-baik tata penulisannya.

Contoh Surat Pernyataan


SURAT PERNYATAAN


Kepada Yth,
Kepala Kantor Badan Pusat Statistik
Bpk. Bambang Sujatno
Di Tempat


Yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Reza Nasution
Tempat, Tanggal Lahir : Surabaya, 10 Mei 1980
Agama : Islam
Alamat : Jl. Kusumabangsa No 02 Surabaya
Dengan ini menyatakan :
  1. Tidak pernah dihukum penjara atau kurungan berdasarkan putusan pengadilan yang telah mempunyaikekuatan hukum yang tetap, karena melakukan suatu tindak pidana kejahatan;
  2. Tidak pernah diberhentikan dengan tidak hormat sebagai Pegawai Negeri Sipil/Anggota Tentara Nasional Indonesia/Anggota Kepolisian Negara, atau diberhentikan tidak dengan hormat sebagai pegawai swasta;
  3. Tidak berkedudukan sebagai Calon/Pegawai Negeri Sipil dan Calon/Anggota Tentara Nasional Indonesia atau Calon/Anggota Kepolisian Negara;
  4. Tidak menjadi anggota dan atau pengurus partai politik;
  5. Bersedia ditempatkan di wilayah tempat mendaftar;
  6. Sanggup mengganti biaya pelaksanaan penerimaan sebesar Rp. 25.000.000,- (dua puluh lima juta rupiah), apabila :
    - Dinyatakan lulus ujian tahap akhir dan telah mendaftar ulang tetapi                         mengundurkan diri dengan alasan apapun, atau
    - Mengundurkan diri setelah bekerja di BPS, dengan masa kerja kurang dari 5         (lima) tahun.
Demikian pernyataan ini saya buat dengan sesungguhnya, dan saya bersedia dituntut di depan pengadilan serta bersedia menerima segala tindakan yang diambil oleh pemerintah, apabila dikemudian hari terbukti pernyataaan ini tidak benar.



Hormat saya,

(materai Rp. 6000)
Reza Nasution

Surat diatas merupakan surat pernyataan yang ditujukan kepada salah satu ikatan dinas yang berisi pernyataan siap kerja dari si pelamar. Berikutnya kami berikan contoh surat pernyataan dengan tema lain yaitu surat pernyataan jual beli tanah.

Contoh Surat Pernyataan Jual Beli Tanah


AKTA JUAL BELI TANAH


Yang bertanda tangan di bawah ini :
1. Nama : Gatot Sulistyo
Tempat / Tgl. Lahir : Panarukan, 8 Februari 1991
Jenis Kelamin : Laki-laki
Agama : Islam
Alamat : Jl. Pacul Mabur No. 102 Desa Linggis, Panarukan
Selanjutnya disebut Penjual atau Pihak Pertama.
2. Nama : Tiara Kharisma Mukti
Tempat / Tgl. Lahir : Panarukan, 10 Oktober 1993
Jenis Kelamin : Perempuan
Agama : Islam
Alamat : Jl. Bogol Gedhang No. 727 Desa Sirayak, Panarukan
Selanjutnya disebut Pembeli atau Pihak Kedua.

Isi Perjanjian :

1. Bahwa pihak I menjual sebidang tanah berikut segala yang ada di atasnya kepada pihak II dengan Harga Rp. 350.000.000,00 ( Tiga Ratus Lima Puluh Juta Rupiah ) tanpa perantara.

2. Bahwa tanah dimaksud seluas .......... x ......... cm, atas dasar petok D No. ..... Berdasarkan C desa No. ................. berkedudukan di Desa Karang Besuki, Kecamatan Sukun, Kabupaten Malang dengan batas - batas sebagai berikut :

3. Bahwa berdasarkan C desa bahwa tanah dimaksud hak milik atas Nama ................... Sesuai dangan rekomendasi oleh pejabat desa setempat yang dilegalisir oleh Camat ........ Tanggal .......... Bulan .... Tahun ......

4. Bahwa atas proses jual beli ini dimaksud, Pihak I telah membayar uang tunai untuk pembelian tanah sesuai dengan nomor (1). Dilakukan di depan saksi-saksi dan pejabat yang berwenang.

5. Bahwa perjanjian ini dibuat bersama di depan saksi-saksi dan pejabat berwenang tanpa ada unsur paksaan dan masing-masing pihak dipastikan sehat jasmani dan rohani.

6. Bahwa dengan dlakukan pembayaran dengan ditandatangani surat perjanjian ini, maka secara syah tanah dimaksud pada nomor (I) telah menjadi hak milik Pihak Kedua.

7. Bahwa surat perjanjian ini disepakati dan di tanda tangani bersama-sama diatas materai dan didepan saksi pada hari ............ Tanggal ......... Bulan ......... Tahun ........ Di Desa ....... Kecamatan ....... Kabupaten ........



Pihak Kedua                                                                                             Pihak Pertama

(Ttd)                                                                                                                                                                                     (Ttd)
(..................)                                                                                           (...........................)


Saksi - saksi I

Pejabat Kelurahan .................................. (.....................)
Ahli Waris I .............................................. (.....................)
Ahli Waris II ............................................. (.....................)
Ahli Waris III ............................................ (.....................)

Surat diatas merupakan contoh surat pernyataan berupa perjanjian jual beli tanah berupa akta tanah. Berikutnya kami berikan salah satu contoh surat pernyataan yang lain berupa pernyataan peminjaman uang.

Contoh Surat Pernyataan Hutang


SURAT PERNYATAAN


Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama : Sholeh bin Paijo
No. KTP : 1736071309838964
Alamat : Jl. Bulak Waru No. 73 Semingkir, Jepara
Dengan ini menyatakan :
  1. Bahwa, pada tanggal___________ saya telah melakukan peminjaman uang kepada saudara ____________sebesar Rp. 25.000.000 (dua puluh lima juta rupiah) dan berjanji akan mengembalikan pinjaman tersebut dalam jangka waktu 30 (tiga puluh) hari atau jatuh tempo pada tanggal ___________
  2. Bahwa, sampai dengan tanggal jatuh tempo tersebut ternyata saya belum memiliki kemampuan untuk mengembalikan pinjaman saya kepada saudara ______________
  3. Bahwa, dengan ini saya memohon keringanan kepada saudara _________ agar diberi perpanjangan jangka waktu untuk melunasi pinjaman saya tersebut untuk selama 30 (tiga puluh hari) lagi atau jatuh tempo pada tanggal __ _________ _____
  4. Bahwa, dalam hal saya tidak dapat melunasi pinjaman saya tersebut sampai dengan perpanjangan jangka waktu tersebut sebagaimana dimaksud Butir 3, maka saya bersedia mempertanggungjawabkan pinjaman saya tersebut secara hukum.
Demikian Surat Pernyataan ini saya buat dengan tanpa paksaan ataupun tekanan dari pihak manapun.



Selasa, 30 Desember 2015
Hormat saya,


Sholeh bin Paijo

Surat diatas merupakan salah satu contoh surat pernyataan untuk menyatakan bukti hutang tertulis. Masih banyak contoh - contoh lainnya yang dapat kamu eksplorasi lagi. Semoga apa yang kami sampaikan bisa membantu pemahaman Anda mengenai Contoh Surat.

Demikian info seputar Contoh Surat Pernyataan yang dapat kami sampaikan. Apabila pekerjaan anda salah satunya adalah surat menyurat ataupun yang sebagai bahan tugas sekolah, artikel ini dapat digunakan sebagai contoh referensi anda. Semoga apa yang kami sampaikan bermanfaat bagi anda yang membutuhkan. Selamat mencoba dan semoga sukses.


0 Response to "Contoh Surat Pernyataan"

Post a Comment

close