Contoh Surat Resign

Selamat pagi semuanya, di manapun Anda semua berada. Semoga kita dan tentunya kalian semua baik-baik saja. Bagaimana dengan pekerjaan Anda? Masih betah? Tetap betah, atau sudah ingin melihat yang lebih baik dari sekarang? Ya, nampaknya sebagian dari Anda semua, sedang dan mungkin telah mengambil keputusan yang akan mengubah kehidupan Anda secara kesuluruhan.

Resign atau mengundurkan diri dari pekerjaan saat ini adalah keputusan yang sangat krusial. Kita harus menimbang-nimbang, apakah ini keputusan yang tepat untuk tahap berikutnya? Karena pekerjaan kita adalah bagian yang penting dari hidup secara keseluruhan. Namun, bila sudah sampai pada tahap mengajukan resign, ini berarti keputusan yang tepat untuk membiayai hidup dengan pekerjaan yang lebih baik nantinya.

Banyak faktor yang mempengaruhi seseorang saat mengajukan resign. Misalnya saja yang paling umum adalah masalah salary dan tunjangan lainnya yang didapat. Mungkin di tempat lain, pendapatan dan tunjangan yang diperoleh lebih baik. Masalah lainnya yang juga sangat berpengaruh adalah lingkungan kerja yang kurang atau tidak kondusif sama sekali. Hal ini juga termasuk bagian yang penting bagi seseorang dalam menjalani suatu pekerjaan. Sikap bos yang terlalu berlebihan terhadap bawahannya, rekan kerja yang selalu mengganggu, hingga tugas kerja yang diberikan ternyata jauh dari prinsip hidup kita. Bila sudah begini, walaupun kita memiliki pendapatan melimpah dan tunjangan pekerjaan yang sangat memadai, siapapun tidak akan betah. Belum lagi, bila tiba-tiba diberi tugas yang harus diselesaikan saat itu juga. Padahal dalam hal tertentu, kita tentu harus menganalisa tugas itu terlebih dahulu, dengan mencari pokok permasalahannya. Namun, ternyata dalam hidup ini memang ada bos yang memberikan perintah tidak relevan dengan kenyataan di lapangan.

Apapun masalahnya, bila resign sudah menjadi keputusan final, maka sudah tidak bisa diubah lagi.

Contoh Surat Resign


Berikut ini adalah beberapa contoh surat pengunduran diri, bagi Anda yang saat ini mungkin sedang sangat membutuhkannya.

Contoh Surat Resign I



Jakarta, 29 Oktober 2016 


Kepada Yth,
Manager HRD ALBAGRUP
Di Jakarta
Dengan hormat,

Melalui surat ini, saya yang bernama Reina Astuti, bekerja pada bagian Product Specialist, menyatakan bahwa saya bermaksud mengundurkan diri dari ALBAGRUP, yang mulai efektif tidak bekerja lagi per tanggal 1 Desember 2016.

Saya mengucapkan terimakasih yang sebesar – besarnya atas semua kesempatan yang telah diberikan kepada saya selama saya bekerja sebagai product specialist. Saya sangat senang bisa dan pernah bekerja pada perusahaan ini, karena disinilah saya merasakan pengalaman pertama bekerja pada sebuah perusahaan dan disini juga saya mendapatkan banyak pelajaran yang berharga yang tidak diberikan secara teori pada jenjang perkuliahan. Dan saya juga meminta maaf kepada seluruh karyawan dan segenap jajaran manajemen ALBAGRUP, apabila terdapat kesalahan yang pernah saya lakukan selama saya bekerja pada perusahaan ini baik yang disengaja maupun tidak disengaja.

Walaupun saya sudah tidak bekerja pada perusahaan ini lagi, saya selalu berdoa dan berharap semoga  ALBAGRUP selalu terus berkembang dan terus bisa menjadi perusahaan medical supplier nomor satu di Indonesia.

Demikian surat pengunduran ini saya buat. Mohon agar dimaklumi. Atas perhatian Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Reina Astuti

Mudah sekali, bukan, membuat surat pengunduran diri. Sama saja dengan membuat surat lamaran pekerjaan, namun bertolak belakang. Perhatikan juga cara penulisan yang baik dan santun, tanpa menyinggung siapa pun. Berikut ini ada beberapa contoh lainnya.

Contoh Surat Resign II


Kepada Yth,
Bapak Ahmad Rendy
General Manager PT. Biologi Farma
Jl. Barat Daya No. 1 Jakarta

Perihal : Pengunduran Diri

Dengan hormat,

Melalui surat ini, Saya yang bernama Dila Ramdini dengan nomor kepegawaian 1000210, bermaksud mengajukan surat permohonan pengunduran diri dari PT. Bologi Farma pada posisi Staff Quality Assurance, yang efektif tidak bekerja mulai tanggal 1 Desember 2016, dikarenakan dengan alasan saya ingin mengembangkan potensi diri saya dan sumber daya yang saya miliki, supaya lebih maksimal lagi. Serta menambah wawasan dan pengalaman di bidang yang lain.

Saya ingin mengucapkan terimakasih sebesar – besarnya kepada seluruh jajaran manajemen dan rekan – rekan seperjuangan atas kesempatan dan pengalaman yang sudah diberikan kepada saya selama saya menjadi Staff Quality Assurance sejak tahun 2012 pada PT. Biologi Farma ini. Saya juga mengucapkan maaf yang sedalam – dalamnya atas setiap kesalahan yang pernah saya lakukan, baik yang disengaja ataupun tidak disengaja. Saya selalu berharap semoga PT. Biologi Farma ini terus semakin jaya dan semakin sukses lagi serta selalu dapat meningkatkan kesejahteraan karyawan – karyawan di dalamnya.

Demikian surat pengunduran diri ini saya buat, mohon agar menjadi maklum. Atas perhatian dan kerjasama serta dukungan yang telah diberikan kepada saya selama ini, saya ucapkan terima kasih.

Jakarta, 28 Oktober 2016
Hormat saya,


Dila Ramdini

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, pastikan keputusan pengunduran diri dipikirkan dengan baik dan matang, tanpa emosi. Dibutuhkan skill atau kemampuan serta perilaku yang baik yang diinginkan setiap perusahaan. Kemampuan bagus, namun perilaku kurang baik, maka akan sangat sulit bagi seseorang untuk mendapatkan pekerjaan. Padahal memiliki kemampuan atau skill yang sangat mumpuni bagi pihak perusahaan.

Contoh Surat Resign III


Jakarta, 29 Oktober 2016

Kepada Yth, Manager HRD
PT. Medicina Farma
Jl. Timur Laut No. 3 Jakarta

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :
Nama          : Anin Ratri
NIK             : 12000210
Jabatan        : Kepala Unit Logistik

Bermaksud mengajukan permohonan pengunduran diri dari PT. Medicina Farma dikarenakan kondisi kesehatan saya yang tidak baik. Saya khawatir jika saya tetap melanjutkan bekerja, saya akan mengurangi produktivitas perusahaan. Surat ini saya buat sesuai dengan prosedur yang berlaku pada perusahaan. Saya harap perusahaan dapat memahami kondisi saya dan memberikan hak – hak karyawan sesuai dengan ketentuan yang berlaku.

Saya mengucapkan terimakasih atas segala kesempatan serta dukungan dan kerjasama yang pernah terjalin selama saya menjabat sebagai Kepala Unit Logistik pada perusahaan ini. Banyak pengalaman serta ilmu yang telah saya dapatkan dan semakin saya kuasai. Selain itu saya juga memohon maaf apabila selama saya bekerja pada PT. Medicina Farma ini pernah melakukan kesalahan atau hal yang kurang berkenan.

Kemudian mengenai tanggung jawab pekerjaan yang belum bisa saya selesaikan sepenuhnya serta rencana kerja kedepan yang belum saya kerjakan, saya laporkan semua dari kemajuan dan perkembangan sampai rencana – rencana yang telah saya buat melalui lampiran dalam surat ini.

Sekian surat pengunduran diri ini saya buat dengan benar tanpa ada paksaan dari pihak manapun dan semoga surat ini dapat dimaklumi. Atas perhatian Bapak / Ibu, saya ucapkan terima kasih.


Hormat saya,


Anin Ratri

Demikianlah beberapa contoh surat resign atau pengunduran diri yang dapat dibuat. Semoga bermanfaat untuk Anda semua, dan selalu sukses dalam setiap pekerjaan Anda.


0 Response to "Contoh Surat Resign"

Post a Comment

close