Menulis Surat Teguran Resmi

Baru mendapat surat teguran? Atau akan melayangkan surat teguran? Format surat teguran sebenarnya mudah saja. Anda cukup menyampaikan dengan singkat, isi identitas yang dilayangkan surat teguran, maksud diberikannya surat teguran, dan tentu saja pengirim surat teguran. Penulisannya hampir sama dengan surat resmi lainnya. Yah, yang membedakan hanyak maksud dan tujuan serta perihal surat teguran dibuat.

Mengapa perlu melayangkan surat teguran? Karena dengan diberikannya surat ini, menunjukkan suatu peringatan yang diberikan oleh perusahaan kepada pegawainya atas suatu tindakan yang melanggar atau menyalahi aturan, di mana aturan tersebut telah ditentukan oleh perusahaan yang bersangkutan.

Baiklah, supaya tidak bingung dengan format penulisan surat teguran, mari kita lihat macam-macam contoh di bawah ini :

Contoh Surat Teguran


Contoh Surat teguran I


PT. SEHAT SEJAHTERA
JL. Sehat Semuanya No. 45B, Bandung
Telp. 0224567893 Fax: 0224678904

SURAT PERINGATAN
No: 009/SP/345/II/2016

Bersama ini, melayangkan Surat Peringatan kepada:

Nama      : Sutrisno Hasan
Jabatan  : Kepala Staff Maintenance

Surat Peringatan diterbitkan berdasarkan bukti, bahwa yang bersangkutan telah melakukan tindakan yang melanggar berupa :

Pembiaran demonstrasi. Sebagai pimpinan atau kepala bidang maintenance, yang bersangkutan telah melakukan pembiaran terjadinya demonstrasi di lingkungan perusahaan, khususnya, dari staff maintenance.

Sebagai seorang kepala bidang, sudah menjadi kewajibannya membimbing para staffnya.

Tujuan di terbitkannya Surat Peringatan :

Tujuan diterbitkannya surat ini adalah untuk memberikan pembinaan, pengarahan, juga peringatan kepada yang bersangkutan. Supaya dapat membina para staff d bawahnya, sehingga tidak melakukan pelanggaran atau kekacauan yang dapat merugikan perusahaan.

Pemberian Sanksi :

Berkaitan dengan tindakan yang bersangkutan lakukan, maka pihak perusahaan memberikan sanksi berupa skorsing selama satu minggu tanpa gaji dan tanpa tunjangan. Sanksi diberlakukan mulai tanggal 14 November 2016 sampai dengan 22 November 201.

Demikian Surat Peringatan ini diterbitkan untuk dijadikan sebagai bahan perhatian dan digunakan dengan sebagaimana mestinya.

Bandung, 11 November 2016
PT. Sehat Sejahtera


(Kartika Sari, Psi.)
Manager Personalia


Contoh Surat Teguran II


PT. KUAT PERKASA
JL. CIGODAK KAV. 3D, SETIABUDI, BANDUNG, 56789
TLP. 0224567223 FAX. 2345670

Bandung, Senin 31 Januari 2015
Nomor    : 065/SP-06/III/2015
Lampiran : -
Perihal  : Surat Teguran

Kepada
Saudara Ita Purnamayanti
Di tempat.

Dengan hormat,

Bersama surat ini kami dari manajemen PT. Kuat Perkasa, yang mengacu pada peraturan ketenagakerjaan, wajib memberikan surat peringatan atau teguran kepada semua karyawan yang telah melakukan pelanggaran sebanyak TIGA kali dalam satu bulan. Pelanggaran yang telah saudara Ita Purnamayanti lakukan adalah, terlambat mengisi absensi sebanyak lima kali dalam satu bulan, serta tidak menyerahkan laporan pekerjaan khusus sebanyak dua kali dalam satu bulan. Kami dari pihak manajemen, memutuskan untuk memberikan SURAT PERINGATAN/teguran yang PERTAMA (SP-1), berdasarkan pada bukti pelanggaran yang dimaksud.

Diharapkan setelah terbitnya surat teguran ini, yang bersangkutan dapat memberikan yang lebih baik, serta lebih fokus dalam bekerja. Selain itu, awansupaya selalu menigkatkan kinerja dan menjadi contoh yang baik bagi anak-anak.

Demikian surat teguran ini dibuat tanpa paksaan dari pihak manapun, atas perhatian dan kerjasamanya saya ucapkan terima kasih.

Manager Personalia

Diki Hermawan


Contoh Surat Teguran III


SMAN PURNABAKTI 1 YOGYAKARTA
JL. KERATON YOGYA NO. 65-69,YOGYAKARTA
TLP. 0278765457 FAX. 0278675432

Nomor    : 087/ST-PR/XII/2016
Perihal  : Surat Teguran

Kepada
Siswa Anto Susanto
SMAN Purnabakti 1, Yogyakarta

Dengan hormat,

Berkenaan dengan terbtnya surat teguran ini, karena adanya tindak ketidakdisiplinan yang Saudara Anto Susanto lakukan sebanyak 6 (enam) kali dalam sebulan, oleh karena itu pihak sekolah wajib memberikan sanksi berupa surat teguran. Hal itu berdasarkan absensi Saudara Anto Susanto tidak masuk sekolah sebanyak 4 kali dalam satu bulan, tidak mengenakan atribut sekolah seperti yang diwajibkan, serta tidak mengerjakan tugas yang diberikan oleh beberapa guru.  Selain itu, surat teguran ini diberikan berdasarkan pada hasil keputusan yang telah dikeluarkan dari dewan guru dan telah diinformasikan pada orangtua sejak awal masuk sekolah.

Dengan dikeluarkannya surat teguran ini, diharapkan Saudara Anto Susanto segera instropeksi diri, memperbaiki diri dalam masalah kedisiplinan, serta mengerjakan tugas sekolah dengan sebagaimana mestinya. Surat teguran ini berlaku selama dua bulan, dimulai sejak tanggal 14 Januari 2016 sampai dengan 14 Maret 2016. Selama masa teguran tersebut, diharapkan Saudara Anto dapat menunjukkan dan memberikan tindakan perbaikan diri. Bila, masih terbukti melakukan pelanggaran, maka akan diberikan surat teguran yang kedua. Isi surat teguran yang kedua, berdasarkan pada jenis pelanggaran yang telah dilakukan.

Demikian surat teguran ini dibuat. Semoga menjadi perhatian khusus untuk saudara Anto Susanto, terima kasih.

Yogyakarta, 10 Januari 2016


Mengetahui
Kepala Sekolah SMAN Purnabakti 1 Yogayakarta                               Wali Kelas


Anton Langit                                                                                     Tirtayasa Agung
NIP. 19770812000012                                                                 NIP.1981032300028


Dari penjelasan beberapa contoh di atas, dapat dipahami bahwa secara format penulisan sama. Yang membedakan, hanya maksud, serta kebijakan diberikan berbeda berdasarkan dari jenis pelanggaran, kewajiban seperti apa yang diberikan oleh perusahaan atau lembaga tersebut terhadap pelanggar.

Demikian saja penjelasan dan contoh surat teguran yang dapat saya berikan untuk Anda semua. Semoga dapat memberikan banyak manfaat untuk Anda semua dalam menyusun surat teguran dengan baik dan benar. Terimakasih.




0 Response to "Menulis Surat Teguran Resmi"

Post a Comment

close