Tips Membuat Surat Resmi

Dalam pekerjaan kita sehari-hari pasti sangat dibutuhkan hubungan surat-menyurat. Walaupun sudah zamannya teknologi canggih, namun tidak melupakan pentingnya menyampaikan surat yang bersifat resmi. Tidak semua hal surat-menyurat ini harus menggunakan kertas, kemudian diedarkan ke masing-masing individu. Menyampaikan perihal surat resmi, juga dapat dilakukan melalui e-mail. Tentunya harus sesuai dengan kaidah penulisan surat resmi.

Surat resmi ini berbeda dengan jenis surat lainnya. Umumnya digunakan untuk pemberitahuan dalam situasi yang resmi atau berasal dari institusi atau lembaga penting. Yang mana, surat ini dapat dijadikan sebagai pertanggung-jawaban bila dihadapkan pada sesuatu yang krusial. Karena surat resmi ini keabsahannya sangat kuat, sehingga banyak lembaga yang selalu meminta adanya bukti surat tertulis mengenai suatu kegiatan yang akan diadakan.

Contoh Surat Resmi


Contoh Surat Resmi Pekerjaan


PT. Jaya Perkasa Indah

Nomor  : 278/November/XX/2016
Hal : Pendaftaran Jamsostek
Lampiran  : Lembar Pendaftaran Peserta

Kepada Yth
Bpk. Sutrisno
Kepala Bidang Pemasaran
PT Jaya Perkasa Indah
Di tempat

Dengan hormat,
Menyampaikan untuk seluruh karyawan baru, supaya segera mendaftarkan diri sebagai peserta Jamsostek. Hal ini penting dilakukan, sebagai bentuk pemenuhan tunjangan tenaga kerja dan sebagai dana pensiun bagi karyawan PT. Jaya Perkasa Indah.

Maka, kami menghimbau pada pimpinan dalam setiap departemen untuk dapat memberikan lembar pendaftaran pada setiap karyawan baru di unit masing-masing.
Untuk pengumpulan lembar pendaftaran diserahkan selambatnya tanggal 29 November 2016. Pengumpulan dapat dikoordinasikan pada kepala unit.

Demikian surat ini kami sampaikan, supaya dipergunakan sebagaimana mestinya. Atas perhatannya, kami ucapkan terimakasih.

Hormat kami,
Kepala Bidang SDM

Tri Hapsari


Contoh Surat Resmi Undangan Acara Perusahaan


PT. Sentosa Raya

Nomor : 29/November/XXI/2016
Hal : Acara Gathering

Kepada,
Seluruh Karyawan

Sehubungan akan diadakannya peringatan ulang tahun perusahaan, bersama ini kami mengundang seluruh karyawan beserta keluarga inti untuk hadir dalam acara gathering perusahaan. Acara gathering akan dilaksanakan pada :

Hari/tanggal : Sabtu-Minggu, 5-6 November 2016
Waktu : Pukul 08.00 WIB
Tempat : Lapangan serbaguna

Demikian undangan ini kami sampaikan. Dalam rangka perayaan HUT PT Sentosa Raya, dengan mengadakan acara gathering ini untuk lebih meningkatkan kebersamaan dan keakraban antar karyawan dan juga keluarga.

Untuk seluruh karyawan harap berkumpul pada tempat yang telah disebutkan. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.

Direktur Utama


Roni Silabat


Contoh Surat Resmi Rapat Dinas


Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon
Alamat : Jl. Kenanga, no. 25-28, Kota Cilegon, 40567


Cilegon, 1 November 2016

Nomor : 100/7865/VII/2016
Perihal : Sosialisasi UU Ketenagakerjaan

Kepada Yth,
Kabid SDM
PT. Makmur Sentosa
Di tempat

Dinas Tenaga Kerja kota Cilegon akan mengadakan rapat sosialisasi mengenai UU Ketenagakerjaan yang terbaru. Kami mengundang Anda untuk turut hadir dalam rapat tersebut, pada :

Hari/Tanggal : Kamis, 3 November 2016
Waktu : Pukul 08.30-selesai
Tempat : Aula Dinas Tenaga Kerja Kota Cilegon

Mengingat, sangat pentingnya acara rapat sosialisasi ini terhadap kepentingan seluruh tenaga kerja di setiap perusahaan. Maka diharapkan kehadiran bapak/ibu pada tempat dan waktu yang telah ditentukan.

Demikian surat ini dibuat, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.

Kepala Dinas Tenaga Kerja
Kota Cilegon


Ir. Joko Santo
NIP . 1230000456


Cara membuat surat resmi, sebenarnya cukup mudah saja. Untuk kepentingan tertentu, misalnya undangan rapat atau acara peringatan tertentu, cukup singkat saja. Yang penting adalah waktu pelaksanannya dan penjelasan singkat mengenai inti acara.

Untuk membuat surat resmi yang sangat detail seperti surat pemberitahuan, juga dapat dibuat dengan tetap memperhatikan kaidah surat-menyurat yang resmi, namun lebih panjang penjelasan yang dijabarkan. Seperti contoh-contoh berikut ini.

Contoh Surat Pemberitahuan Resmi


Rumah Sakit Umum Daerah Kebayoran
Jl. Kebayoran Baru Raya, Jakarta Barat, 40865. Tlp: 0215674321


Nomor  : 3456/B1.4/OT/2016
Perihal : Penatalaksanaan Penggunaan Obat & Alkes
Yth    :

1. Kepala Unit Rawat Jalan
2. Kepala Unit Rawat Inap
3. Kepala Unit P3K Perusahaan

Menyikapi pemberitaan mengenai peredaran obat kadaluarsa maupun obat palsu yang saat ini sedang marak di masyarakat. Unit Gudang Farmasi dari Instalasi Farmasi RSUD Kebayoran memperketat jumlah masuknya obat dari berbagai distributor. Bahwa bersama surat ini kami menghimbau pada seluruh tenaga medis dalam lingkungan RSUD Kebayoran, untuk :

1. Tidak mengadakan sendiri mengenai perbekalan farmasi apapun bentuknya. Pengadaan dan permintaan perbekalan farmasi langsung ditujukan ke gudang farmasi rumah sakit, yang kemudian akan diajukan pada distributor terpilih.

2. Tidak meresepkan/menjual obat-obatan apapun bentuknya yang telah mendekati batas kadaluarsa obat (batas maksimal adalah 3 bulan sebelum ED). Bila sudah mengalami perubahan warna, tidak dianjurkan untuk diberikan pada pasien.

3. Membuang bahan habis pakai seperti alkes atau obat vial, infus, ampul, pada tempat sampah khusus. Sampah medis ini nantinya akan diberikan pada pihak ketiga untuk dihancurkan, sesuai berita acara yang tertulis.

4. Memisahkan obat dan alkes yang mendekati kadaluarsa pada pihak gudang farmasi rumah sakit.

Demikian beberapa poin yang kami informasikan. Ini bertujuan untuk mencegah penggunaan obat kadaluarsa maupun penyalahgunaan obat-obat yang telah kadaluarsa, dan mencegah peredarannya di masyarakat. Atas perhatiannya, kami ucapkan terimakasih.


Kepala Unit Gudang Farmasi RS


Sulasmi
NIK. 5467890


Contoh Surat Himbauan Resmi


Bidang Perawatan dan Pengelolaan Rumah Tangga Perumahan Negara


Jakarta, 2 November 2016

Nomor  : 004/2345/LX/2016
Perihal : Penghematan Gas

Kepada Yth,
Seluruh penghuni Perumahan Negara

Bersama surat ini, kami menghimbau untuk dapat melakukan penghematan dalam penggunaan gas alam untuk keperluan sehari-hari. Hal ini dilakukan untuk menghindari kelangkaan pasokan gas alam di perumahan negara.

Demikian surat ini kami buat, atas perhatiannya kami ucapkan terimakasih.


Hormat kami,



Direktur Pengelolaan Rumah Tangga
Andi Supandi


Itulah macam-macam contoh surat resmi, semoga dapat bermanfaat untuk Anda semua.




0 Response to "Tips Membuat Surat Resmi"

Post a Comment

close