Contoh Menulis Surat Penawaran Barang

Contoh surat - Surat penawaran merupakan surat yang dikeluarkan oleh suatu perusahaan guna menawarkan jasa, barang atau produk yang hendak mereka jual kepada calon pembeli. Calon pembeli atau konsumen yang dituju adalah para calon konsumen yang potensial serta para konsumen langganan dari suatu perusahaan. Tujuan agar kerja sama yang sudah terjalin maupun akan terjalin dapat terus terjalin hingga ke depannya.

Surat penawaran biasanya dibuat oleh suatu perusahaan kepada perusahaan lain dengan tujuan agar dapat terjalin sebuah kerja sama. Hal ini banyak terjadi pada perusahaan distributor yang mana perusahaan ini membutuhkan banyak konsumen untuk menjual produk maupun jasanya. Surat ini merupakan jenis surat yang bersifat resmi.

Sebagaimana biasanya jenis surat resmi, bahasa yang digunakan merupakan bahasa yang jelas dan juga sopan dengan bentuk formal yang jelas dan detail. Cara penulisannya pun berbeda dengan jenis surat pribadi.

Surat penawaran barang berisi informasi tentang suatu produk yang ditawarkan termasuk kualitas produk, harga produk yang ditawarkan, cara pemesanan, cara pembayaran dan sebagainya.

Contoh-contoh surat penawaran barang

Sama dengan halnya contoh surat resign, contoh surat penawaran barang yang terdapat di bawah ini adalah contoh surat penawaran dari beberapa sumber lembaga atau perusahaan untuk menawarkan baik jasa maupun sebuah produk. Berikut contohnya :

Contoh surat penawaran barang 1

Jakarta, 26 Mei 2010

Kepada Yth,
PT. Atas Awan
Jl. Rajawali Raya 7A
Tasikmalaya

No.      : 032/PNWRN/2010
Hal      : Penawaran barang
Lamp. : 1 berkas

Dengan hormat,

Dengan surat ini kami bermaksud memperkenalkan perusahaan kami PT. Melesat Cepat, dengan alamat di Jl. Sisingamanga Raja II No. 11 Tasikmlaya. Kami adalah perusahaan yang bergerak di bidang distributor kosmetik dan telah bekerja sama dengan berbagai toko serta perusahaan yang bergerak di bidang kosmetik.

Oleh karena itu, sesuai informasi yang kami peroleh, PT Atas Awan adalah perusahaan yang menjual berbagai produk kosmetik yang sedang berkembang pesat dan membutuhkan pasokan kosmetik dengan harga yang bersaing dan terjangkau.

Sehubungan dengan hal itu, kami mengajukan penawaran untuk menjadi pemasok kosmetik untuk perusahaan dan toko-toko yang Bapak kelola. Harapan kami, penawaran ini dapat terwujud dalam bentuk kerjasama sehingga dapat menguntungkan kedua belah pihak.

Sebagai bahan perbandingan, silahkan Bapak lihat dilampiran yang berisikan daftar harga produk kosmetik yang kami sediakan. Jika perusahaan Bapak berminat, kami siap melakukan pembicaraan lebih lanjut.

Demikian surat penawaran ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerja samanya, kami ucapkan banyak terima kasih.

Hormat kami,
PT. Melesat Cepat


Ridwan Amil
Manager Pemasaran


Contoh surat penawaran barang 2

Serang, 31 Januari 2008

Kepada YTH,
Toko        : Mekar Meronah
Perihal     : Penawaran Barang
Lampiran : Daftar Jenis dan Harga Barang

Dengan hormat,

Berkaitan dengan usaha Bapak/Ibu dalam bidang perdagangan retail perlengkapan wanita, maka bersama ini kami mengajukan penawaran pembuatan barang berupa tas wanita berkualitas produksi kami untuk diperdagangkan di toko milik Bapak/Ibu.

Bersama ini pula perlu kami sampaikan bahwa produk kami yang berupa tas, sepatu, pakaian, aksesoris wanita dan perlengkapan wanita lainnya merupakan produk berkualitas karena telah berpengalaman sejak tahun 1999. Saat ini produk kami telah memiliki pangsa pasar yang luas, tersebar di toko-toko retail di 5 kota di seluruh Indonesia, seperti Jakarta, Yogjakarta, Medan, Bandung, dan Surabaya, dengan harga jual yang kompetitif dan terjangkau. Untuk spesifikasi yang lebih jelas mengenai produk kami, bersama surat ini kami sampaikan pula brosur produk kami tersebut.

Demikian penawaran barang ini kami sampaikan. Atas perhatian dan kerjasamanya kami ucapkan terima kasih.

Hormat Kami,



( Nama Lengkap)

 

Contoh surat penawaran barang 3

 PT. Sidang Panjang
Jl. Raya Mawar Melati 8 No 21 Bogor
Telp. 0251 – 1234567 Fax. 0251 – 12345678

Bogor, 24 Mei 2015

Nomor                 : 15/SD/VIII/15
Lampiran            : 1 lembar
Perihal                 : Penawaran Barang

Yth. Manager Purchasing
PT. Wandala Kudo
Jalan Raya Besar No. 45
Jakarta

Dengan hormat,

Kami dari PT. Sidang Panjang yang bergerak di bidang produksi berbagai macam barang elektronik berupa cctv dan kamera pengintai bermaksud untuk memberikan penawaran barang–barang produksi kami kepada Bapak/Ibu. Adapun daftar jenis daan tipe cctv dan kamera tersebut, kami lampirkaan bersama surat ini.

Untuk Bapak/ Ibu ketahui, bahwa perusahaan kami yakni PT. Sidang Panjang ini sudah berdiri sejak tahun 1997 dan saat ini sudah memiliki 50 cabang yang tersebar di seluruh wilayah Indonesia. Jadi, Bapak/ Ibu tidak perlu khawatir jika ada keluhan atau membutuhkan perawatan untuk cctv ataupun kamera pengintai dari produk kami, Bapak/ Ibu dapat langsung datang ke outlet cabang kami terdekat. Selain itu, kami juga melayani jasa layanan antar gratis.

Demikian surat penawaran ini kami ajukan. Apabila ada informasi yang perlu diketahui mengenai penawaran ini lebih lanjut, maka Bapak/Ibu dapat menghubungi kami. Atas perhaian Bapak/Ibu, kami ucapkan terima kasih.

Hormat kami,


Tauner Royned

 
Demikianlah beberapa contoh surat penawaran barang dari suatu perusahaan distributor kepada calon konsumen perusahaan lain yang ditulis secara resmi. Semoga contoh di atas dapat menjadi referensi bagi Anda.



0 Response to "Contoh Menulis Surat Penawaran Barang"

Post a Comment

close