Contoh Berita Acara Serah Terima Barang

Berita acara serah terima barang merupakan salah satu dokumen penyerahan barang yang sangatlah penting. Surat ini sebaiknya segera dibubuhkan tanda tangan saat ada prosesi penyerahan suatu barang dari satu pihak ke pihak lain.

Sehingga jika suatu saat terjadi perselisihan maka berita acara tersebut dapat dijadikan alat pembuktian penyerahan barang. Dokumen ini memang tampak sederhana, Namun tidaklah sesederhana masalah yang ditimbulkannya dikemudian hari.

Maka jangan ragu untuk membuat berita acara serah terima barang bila terjadi pemindahan barang. Apabila tidak terlalu paham format dan susunan kalimatnya, Berikut ada beberapa contoh surat berita acara serah terima barang yang dapat dijadikan rujukan.

Contoh Berita Acara Serah Terima Barang



KOP SURAT  (1) 
BERITA ACARA  SERAH TERIMA Nomor : ........................  


Pada Hari ini,.................     tanggal  .....................  tahun   .................. . bertempat di .............. , kami yang bertanda tangan di bawah  ini :

I.     Nama                 :.........................................
       NIP                    :.........................................
       Pangkat/ Gol       :.........................................
       Jabatan               :.........................................

Dalam hal ini bertindak untuk dan atas nama Menteri Keuangan selaku pengguna Anggaran / Pengguna Barang Belanja Lain-Lain untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK PERTAMA.

II .    Nama               :   
         NIP                 :
         Pangkat/ Gol    :
         Jabatan            :

Dalam hal ini bertindak  untuk dan atas nama Kuasa Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Barang Belanja Lain-Lain untuk selanjutnya disebut sebagai PIHAK KEDUA.

Telah melakukan serah terima Barang Milik Negara yang pengadaanya dilaksanakan dan menjadi tanggung jawab mutlak Kuasa Pengguna Anggaran/Kuasa Pengguna Barang...................................(Kementrian Negara/Lembaga/Pihak Lain)* berdasarkan DIPA Belanja Lain-Lain. Pada Bagian Anggaran Bendahara Umum Negara (BA.999.08) dengan ketentuan sebagaimana disebutkan dalam pasal-pasal di bawah ini :

Pasal  1

PIHAK PERTAMA menyerahkan dan PIHAK KEDUA menerima hak atas Barang Milik Negara sebesar Rp .....................( dalam huruf) ,berupa:

a.  ....................RP............. (dalam huruf), dengan rincian sebagaimana terlampir
b   ................... RP............ (dalam huruf), dengan rincian sebagaimana terlampir
c.  dst........

Pasal 2

Dengan ditandatanganinya Berita Acara Serah Terima ini maka tanggung jawab pengelolaan Barang Milik Negara sebagaimana tersebut dalam Pasal 1 beralih dari PIHAK PERTAMA kepada PIHAK KEDUA

Pasal 3

Berita Acara Serah Terima Barang Milik Negara ini dibuat sebagai bukti yang sah dalam rangkap 2 (dua) bermeterai dan mempunyai kekuatan hukum yang sama bagi PIHAK PERTAMA dan PIHAK KEDUA.

PIHAK KEDUA                                                 PIHAK PERTAMA

........................                                                   ..........................

[ MATERAI ]                                                       [ MATERAI ]

Demikianlah contoh berita acara serah terima barang yang benar. Semoga referensi ini berguna bagi kalian,



0 Response to "Contoh Berita Acara Serah Terima Barang"

Post a Comment

close