Contoh Surat Permohonan Cuti Melahirkan

Bagi pegawai Negeri wanita atau karyawan perusahaan pada umumnya terkadang mengalami beberapa kejadian yang mengharuskan untuk cuti sementara dari pekerjaan. Diantaranya adalah saat akan melahirkan bayi/anak, hal ini mengharuskan anda untuk cuti dari kantor/tempat bekerja Anda.

Oleh karena itu, Anda harus membuat sebuah surat cuti melahirkan bagi perusahaan Anda. Cuti adalah salah satu langkah yang harus anda ambil agar persalinan anda tidak terganggu apalagi kalau anda sudah memasuki usia kehamilan yang semakin tua.

Beberapa kasus yang saya temui, pegawai wanita biasanya akan mengajukan surat cuti melahirkan saat usia kehamilan mencapai 6 bulan keatas. Karena saat-saat itu, membutuhkan istirahat yang cukup serta tidak boleh bekerja yang berat-berat demi kesehatan sang jabang bayi Anda.

Sebagai Pegawai yang baik dalam mengambil cuti, haruslah disertai dengna surat resmi untuk cuti, mungkin bagi perusahaan anda ada yang menyediakan form surat resmi untuk cuti, ataupun ada yang tidak. Nah, kali ini tim indosurat.com akan memberikan anda ulasan untuk bagaimana cara membuat surat cuti melahirkan yang baik dan benar.

Tentunya ada kebijakan yang mengatur hal tersebut. Bagi pekerja wanita, anda berhak untuk mendapatkan cuti melahirkan. Karena dalam sebuah perusahaan atau instansi ada yang namanya cuti bisa jadi cuti sakit, cuti tahunan, cuti kepentingan keluarga, dan cuti melahirkan atau cuti bersalin. Hal ini merupakan salah satu kebijakan yang harus ada di sebuah perusahaan atau instansi.

Guna mendapatkan izin tersebut, maka anda harus menyampaikannya sesuai dengan prosedur yaitu dengan mengajukan surat permohonan cuti melahirkan. Surat ini diperlukan karena ini akan berlangsung dalam jangka waktu yang cukup lama dan merupakan peraturan bagi anda yang akan mengajukan cuti.

Surat permohonan cuti ini adalah jenis surat pribadi yang digunakan untuk kepentingan pribadi. Hanya saja, surat permohonan cuti harus anda sampaikan dan ditulis dengan bentuk formal karena berhubungan dengan pihak instansi tertentu. Surat izin cuti juga banyak macamnya. Ada surat izin cuti untuk pegawai swasta, surat izin cuti untuk pegawai negeri sipil, surat izin cuti besar, dan lain sebagainya.

Tidak sebatas sebagai kebijakan perusahaan, cuti melahirkan juga telah diatur dalam undang-undang ketenagakerjaan yang menyebutkan bahwa setiap karyawan atau pegawai, baik di instansi negeri maupun swasta berhak untuk mendapatkan izin cuti melahirkan atau cuti bersalin. Cuti bersalin untuk pegawai menurut undang-undang diberikan selama 3 bulan. Waktu cutinya sendiri dihitung sebelum dan juga sesudah melahirkan.

Untuk membuat surat permohonan cuti melahirkan, maka anda hendaknya menggunakan bahasa formal, sesuai dengan EYD, dan juga mempergunakan bahasa yang sopan. Bukan hanya karena surat ini adalah surat permohonan, namun juga karena surat permohonan cuti melahirkan ini juga merupakan surat resmi di sebuah perusahaan atau instansi.

Seperti apa format surat permohonan izin cuti bersalin itu? Dibawah ini sudah dirangkumkan kumpulan contoh surat ijin cuti melahirkan.

Contoh Surat Izin Cuti Melahirkan


Kepada Yth;
Bapak/Ibu Pimpinan
PT. Unilever Indoensia
Di Tempat

Hal : Surat Permohonan Cuti Kerja
Lamp : –

Dengan hormat,
Yang bertandatangan di bawah ini:

Nama : Ana Risma Lestari
Tempat, Tanggal Lahir : Sleman, 25 Juni 1990
Jabatan / Posisi : Sekretaris Pribadi

Bersamaan dengan datangnya surat ini saya mengajukan cuti melahirkan, adapun waktunya selama Tiga Bulan (3 Bulan), terhitung mulai dari tanggal 01 Januari sampai 01 April2015.

Demikian surat permohonan ini saya sampaikan, untuk sebagai bahan dasar pertimbangan bagi Bapak/Ibu pimpinan.

Atas perhatian Bapak/Ibu saya ucapkan banyak terimakasih.

Hormat Saya

ttd Anda

Ana Risma


Contoh Surat Izin Bersalin



Bandung, 20 April 2017

Hal      : Surat Permohonan Cuti Kerja
Lamp   : Surat Keterangan Dokter

Kepada Yth,
Bapak/Ibu Personalia PT. Pelangi Indah
Up. Ibu Evi Juanda SE
     Di Tempat

Dengan hormat,

Saya yang bertanda tangan di bawah ini :

    Nama     : Putri Indah Kumala
    ID          : BD-ID6985321
    TTL       : Palembang, 07 Oktober 1990
    Posisi    : Administrasi (Adm)

Bermaksud untuk mengajukan izin cuti melahirkan selama 3 (tiga) bulan terhitung mulai tanggal 21 April 2017 sampai dengan 21 Juli 2017. Berikut saya lampirkan juga surat keterangan dokter sebagai bahan pertimbangan.

Demikian permohonan cuti ini saya sampaikan, atas perhatian dan kebijaksanaannya saya ucapkan banyak terima kasih.


Hormat Saya




Putri Indah Kumala
Staff Administrasi

Demikian contoh surat permohonan izin cuti kerja karena bersalin. Semoga berguna dan dapat dijadikan sebagai rujukan yang edukatif.


0 Response to "Contoh Surat Permohonan Cuti Melahirkan"

Post a Comment

close