Contoh Proposal Bantuan Dana

Mengajukan proposal merupakan salah satu cara untuk mendapatkan bantuan dana untuk kepentingan tertentu. Proposal permohonna bantuan dana biasanya dibuat secara teliti dan mencantumkan berbagai rincian yang dapat dipertanggungjawabkan. Proposal bantuan dana merupakan salah satu bentuk proposal resmi atau formal yang harus disusun dengan sebaik mungkin agar dapat ditanggapi dengan baik oleh pihak yang dituju.

Membuat proposal permohonan sumbangan dana sebenarnya tidaklah sulit. Namun, karena sifatnya yang penting dan memohon bantuan dana, proposal semacam ini sudah barang tentu harus ditulis dengan mengikuti pedoman yang berlaku atau dengan konsekuensi tidak akan mendapatkan respon sebagaimana yang diharapkan. Melalui postingan ini Anda dapat mencontoh format proposal bantuan dana yang benar yang diharapkan dapat membantu Anda untuk segera mendapatkan kucuran dana.

Contoh Proposal Permohonan Bantuan Dana


Berikut ini salah satu contoh proposal permohonan bantuan uang yang dapat Anda pelajari dengan sebaik-baiknya.


PROPOSAL PERMOHONAN BANTUAN DANA 2011
PENAMPILAN ART PERFORMANCE DI ACARA ESPLANADE ETHNO SOUNDS ASIA 2011, 28 – 30 OKTOBER 2011, SINGAPURA



INSTITUT TEKNOLOGI BANDUNG


LATAR BELAKANG KEGIATAN

Assalamu’alaikum Warahmatullahi Wabarakatuh

Indonesia merupakan negara yang kaya akan budaya dan seni yang sangat beragam dan unik. Keunikan dan keragaman budaya yang khas ini mewakili jati diri bangsa dan menjadi salah satu daya tarik dunia. Keistimewaan yang dimiliki merupakan anugerah dan kebanggaan yang tak ternilai serta merupakan hal yang sangat langka sehingga patut untuk dilestarikan.

Kesenian Sumatera Selatan merupakan salah satu bagian aneka budaya yang ada di Indonesia. Kesenian daerah mencerminkan kekhasan budaya dan kekayaan filosofis dari masing-masing daerah yang tergambar dari nilai historis dan pesan moral dari kesenian itu sendiri. Budaya Indonesia sangat terkenal dengan kemajemukan dan keberagaman, tidak jarang mengundang perhatian dunia Internasional. Kesenian Sumatera Selatan pula seharusnya dapat mengambil tempat sebagai salah satu bagian dari Indonesia yang dikenal oleh masyarakat luar negeri.

Kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi merupakan salah satu bukti peradaban bangsa pada zaman sekarang. Epok ini yang menjadi faktor utama mulai tergerusnya kecintaan dan sense belonging dari masyarakat terhadap kesenian budaya. Tugas melestarikan budaya bukan hanya tanggung jawab pencinta dan pelaku seni saja, tetapi juga seluruh elemen yang ada yaitu pemerintah dan masyarakat.

Mahasiswa Bumi Sriwijaya Institut Teknologi Bandung (MUSI-ITB) sebagai suatu organisasi mahasiswa yang peduli akan seni dan budaya Sumatera Selatan dan Indonesia memiliki tanggung jawab untuk mengembangkan dan melestarikan budaya Sumatera Selatan. Atas dasar kepedulian terhadap kesenian dan budaya dan dengan terpilihnya MUSI-ITB sebagai penampil, kami bermaksud  memenuhi undangan acara penampilan kesenian yang diselenggarakan oleh Absolutely Thai di Singapura. Acara yang bertajuk Ethno Sounds Great Asia akan menampilkan berbagai penampilan kesenian dari berbagai negara di Asia terutama Indonesia. Diharapkan dengan partisipasi MUSI-ITB pada acara ini dapat mengenalkan kesenian Sumatera Selatan sebagai bagian dari Indonesia sebab kurangnya publikasi, edukasi, dan penampilan kesenian Sumatera Selatan di region nasional ataupun Internasional.

DASAR PEMIKIRAN

  1. Pengenalan kebudayaan dan kesenian Sumatera Selatan melalui tarian dan musik pada masyakat Internasional atau penonton luar Indonesia.
  2. Lahirnya keinginan dari generasi muda terutama Mahasiswa Bumi Sriwijaya ITB untuk memperkenalkan dan mengedukasikan kesenian Sumatera Selatan yang belum dikenal luas oleh masyarakat nasional maupun internasional.
  3. Eksistensi dan pengembangan kreativitas generasi muda dan menginspirasikan sense belonging seni budaya. 


SASARAN KEGIATAN
Sasaran primer kegiatan atau keterlibatan MUSI-ITB pada acara ini adalah ditunjukan untuk masyarakat Internasional atau penonton acara yang berasal dari luar Indonesia. Adapun sasaran sekundernya yaitu anggota MUSI-ITB dan elemen dan pihak kampus ITB.

TUJUAN KEGIATAN
Adapun tujuan dari diadakannya kegiatan ini adalah:

  1. Menampilkan dan mempublikasikan budaya Indonesia yang dalam hal ini  kesenian Sumatera Selatan yang belum populer di luar negeri.
  2. Sebagai bentuk kontribusi MUSI-ITB dalam melestarikan kebudayaan asal Sumatera Selatan.
  3. Akulturasi dan pencerdasan wawasan budaya Indonesia kepada masyarakat Internasional.
  4. Pengembangan dan bentuk inspirasi karakter cinta budaya untuk masyarakat Indonesia, masyarakat luar negeri dan anggota MUSI-ITB.  


NAMA KEGIATAN
ART PERFORMANCE
“ESPLANADE ETNHO SOUNDS OF ASIA 2011”

DESKRIPSI ACARA
“Esplanade Ethno Sounds of Asia 2011” merupakan acara pertunjukan live music dan art performance yang berlangsung dari tanggal 28 – 30 Oktober 2011 bertempat di “Esplanade Outdoor Theatre” Singapura. Acara tersebut diselenggarakan oleh pihak Absolutely Thai yang berasal dari Thailand sebagai event organizer yang sangat rutin mengadakan pertunjukan dan penampilan kesenian di Singapura dan Thailand.

Absolutely Thai yang merupakan perusahan atau lembaga pertama di Asia Tenggara yang konsen mengadakan semua jenis penampilan seni dan budaya ini didirikan di Singapura pada Juli 2008 dan memiliki kantor utama di Bangkok, Thailand.  Lembaga ini memiliki tujuan menciptakan harmoni dan kesatuan dari seluruh negara terutama Asia Tenggara dari perbedaan seni dan budaya masing-masing negara. Negara-negara yang sering ditampilkan dalam kolaborasi dan penampilan antara lain Taiwan, Indonesia, Singapura, Malaysia, Laos, Kamboja, Jepang, Filipina dan Thailand.

Rangkaian acara selama tiga hari berturut ini merupakan konser non komersial atau penonton yang datang tidak dipungut biaya. Acara yang dimulai pada malam hari waktu Singapura ini akan menampilkan kesenian dari berbagai negara seperti Thailand dan Indonesia, Untuk penampilan asal Indonesia dijadwalkan pada hari Minggu 30 Oktober, dimana MUSI-ITB mendapat kesempatan tampil mewakili performer asal Indonesia bersama Grup dan Unit Kesenian asal daerah lain seperti Lampung dan Karawitan Jawa.

Pada acara tersebut akan ditampilkan berbagai macam bentuk kesenian berupa tarian dan musik dari berbagai negara. Pada penampilan ini, MUSI-ITB akan menampilkan Tarian Gending Sriwijaya dan Tarian Kreasi khas Sumatera Selatan yang dipentaskan bersama musik pengiring dengan alat musik khas Sumatera Selatan.

Tarian Gending Sriwijaya akan dipentaskan oleh 8 orang penari, dilanjutkan dengan Tari kreasi Sumatera Selatan akan dipentaskan oleh 5 orang penari. Kesemua Tarian tersebut akan diiringi oleh 7 orang pemain musik. Alat musik yang dimainkan berupa jenis perkusi, melodi dan akustik seperti gong, akordeon, gitar, jimbe, gendang perkusi dan gambus.

Hal yang akan ditonjolkan adalah nilai-nilai seni dan budaya yang tertuang dalam filosofi dan kekhasan Sumatera Selatan terutama bahwa Sumatera Selatan memiliki pedoman yang cukup kuat dalam membentuk karakter kultur kedaerahan. Gending Sriwijaya merupakan tari spesifik masyarakat Sumatera Selatan untuk menyambut tamu istimewa yang bekunjung ke daerah ini. Tari tradisional ini berasal dari masa kerajaan Sriwijaya, mencerminkan sikap rakyat Sumatera Selatan yang ramah, gembira dan bahagia, tulus dan terbuka terhadap tamu yang datang. Tari Gending Sriwijaya, termasuk lagu pengiringnya, diciptakan tahun 1944 untuk mengingatkan para pemuda bahwa para nenek moyang adalah bangsa besar yang menghormati persaudaraan dan persahabatan antar manusia dan hubungan antara manusia dengan Sang pencipta. Masyarakat Palembang Sumatera Selatan memiliki seni tari sendiri, baik bergaya modern hasil kreasi seniman-seniwatinya, maupun tari-tarian klasik. Selain itu tarian kreasi yang ditampilkan mengusung tema kehidupan dan kultur di Sungai Musi Palembang, dimana banyak aktivitas perdagangan,pelayaran, dan ramah tamah masyarakat Palembang.


LAMPIRAN FOTO TEMPAT KEGIATAN
  
Esplanade Theater Singapura



SUSUNAN TIM KEBERANGKATAN
Pembina : Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra
(Pembina Mahasiswa Bumi Sriwijaya Institut Teknologi Bandung)
Tim Art Performance
Koordinator : Arief Andarwan
Tim Tari (8 orang) : Rahma Tejawati Maryama
Ayumas Widya Sari
Prima Sari Anungputri
Syarifatul  Adlah
Musti Atin
Rosika Kusharfina
Rahmawati Syahdiza
Annisa Cendrawasih

Tim Musik (7 orang) : Hendra Dwi Kusuma
Hafis Alfarisi
M. Afif Naufal
Hanif Erida
Adzuri Aditya
Davitra Giandita
Jakfar Shadiq

Tim Official : Febby Yudhi Pratama
  Atika Nurcahaya


ANGGARAN DANA UMUM
Paket *  biaya per orang
Meliputi : 
- Tiket Pesawat pulang pergi Jakarta-Singapura
- Transportasi selama di Singapura
- Biaya penginapan dan makan 3 hari 2 malam
- Transportasi Jakarta- Bandung dan Airport Tax
- Sertifikat

Biaya spanduk dan kaos **
- Spanduk 1 buah
- Kaos Identitas 18 buah @Rp. 40.000

Biaya jahit pakaian , kain adat dan properti

Biaya lain (uang saku, make up, administrasi) Rp. 3.750.000
Jumlah orang  = 18

Rp. 80.000
Rp. 720.000

Rp. 1.500.000

Rp. 5.200.000

Jumlah Pengeluaran Rp. 75.000.000



*) paket adalah biaya kesatuan yang diurus oleh pihak penyelenggara
**) spanduk dan baju sebagai identitas dan logo bagi donatur dan pihak pendukung

PENUTUP DAN
PERMOHONAN BANTUAN DANA

  Demikian proposal ini sampaikan dalam rangka keberangkatan dan penampilan Tim Art Performance MUSI-ITB. Kami memberikan kesempatan seluas-luasnya dan menaruh harapan kepada berbagai pihak untuk menyukseskan hajat ini.

Kami pihak MUSI-ITB bermaksud mengajukan permohonan bantuan dana kepada perusahaan atau instansi yang Bapak/Ibu pimpin, mengingat keterbatasan potensial finansial kami dari anggota tim yang akan berangkat serta tidak mencukupinya anggaran dan kas Unit Kesenian kami. Partisipasi Aktif dari Bapak/Ibu sangat kami harapkan untuk terlaksananya kesukesan keberangkatan Tim Art Performance kami. 

Segala bentuk partisipasi untuk mensukseskan keberangkatan dan penampilan Tim Art Performance akan sangat dihargai dan diharapkan dapat memberikan sumbangan nyata dalam membantu mengenalkan,mengembangan dan eksistensi seni budaya Indonesia, khususnya seni budaya Sumatera Selatan.


Bandung, 01 Oktober 2011


LEMBAR PENGESAHAN

Penampilan Art Performance
“Esplanade Ethno Sounds Asia 2011”
Mahasiswa Bumi Sriwijaya Institut Teknologi Bandung

Penanggung jawab,

Ketua Umum MUSI ITB


Febby Yudhi Pratama
12009063

Koordinator Tim


Arief Andarwan
15108080


Mengetahui,
Pembina MUSI ITB



Prof. Dr. Ir. Ichsan Setya Putra
NIP. 131473957



KEGIATAN MUSI-ITB

Kegiatan yang telah berhasil dilaksanakan MUSI-ITB

1. Astech MUSI
Kegiatan pameran Art Science and Technology yang diadakan di Palembang pada tahun 2006. Pada acara ini digelar pameran, lomba, eksibisi dan workshop. Acara diikuti oleh siswa-siswa SMP dan SMA di Palembang serta masyarakat umum, tema kegiatan ini adalah mengenalkan teknologi dan sains melalui rangkaian kegiatan  yang dikemas dalam tema kebudayaan dengan penampilan musik dan tarian khas Sumatera Selatan.

2. Kampoeng MUSI
Kampoeng MUSI adalah acara besar MUSI yang diadakan di dalam kampus ITB. Pada dua kali pelaksanaanya yaitu tahun 2008 dan 2010, acara berlangsung meriah dan interaktif. Acara ini mengusung tema sensasi sehari di Sumatera Selatan dengan menampilkan tarian, musik, drama, wisata kuliner, pameran, workshop dan stand budaya.

3. Try Out Akbar 2007,2008,2009
Acara Try Out merupakan bentuk bakti MUSI ITB terhadap pendidikan siswa SMA di kota Palembang, Acara yang digelar adalah Try Out simulasi persiapan SNMPTN, sosialisasi tentang ITB serta pengenalan MUSI-ITB melalui penampilan seni dan budaya.

4. Penampilan Tari di berbagai acara Kampus dan undangan instansi
MUSI-ITB juga tidak jarang mengisi penampilan tari baik di acara dalam Kampus maupun instansi tertentu. Penampilan ini ada yang bersifat undangan maupun profesional.

PIHAK-PIHAK YANG PERNAH TERLIBAT MENDUKUNG KEGIATAN MUSI-ITB

A. Pihak Pemerintahan
1. Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan
2. Pemerintah Kota Palembang


B. Pihak Perusahaan
1. PT. Pertamina (Persero)
2. PT. Bukit Asam Tbk
3. PT Pupuk Sriwijaya
4. PT Dexa Medica
5. Bank Indonesia
6. Bank Sumsel


PROSEDUR PARTISIPASI
SISTEM PEMBAYARAN

Pembayaran dapat dilakukan secara tunai atau disetorkan melalui:

No. Rekening :

BNI ITB Bandung 0214788215 a.n. Unit Kesenian Mahasiswa MUSI
BNI ITB Bandung 0153144685 a.n. Arief Andarwan
Bank Mandiri Siliwangi Bandung 13000 07971057 a.n. Arief Andarwan

Contact Person :

Arief Andarwan, 085669320123
Febby Yudhi Pratama, 085273500049

Kesekretariatan:

Sekretariat Mahasiswa Bumi Sriwijaya
Sunken Court W-07 Institut Teknologi Bandung
Jl. Ganesha No. 10 Bandung 40132
Website : www.musi.itb.ac.id
Email : musi.itb@gmail.com

SURAT KESEDIAAN
Setelah membaca isi proposal pengajuan dana ini, maka kami :
Nama :
Nama Instansi :
Jabatan :
Alamat / Telepon :
Menyatakan bersedia untuk memberikan bantuan
Dengan dana partisipasi yakni sebesar :
Jumlah : ...
Terbilang : ...
Akan dikirimkan melalui :
- Transfer ke rekening penanggungjawan melalui rekening : ...
- MUSI-ITB harap menghubungi kami ke : ...

….………… ,       Oktober 2011



_________________________*
                                                      **

Keterangan :
* Nama jelas
** Jabatan
Lembar kesediaan ini harap dikirimkan ke alamat kesekretariatan ke nomor yang telah dicantumkan di proposal ini.

Penutup


Baca juga:



Demikianlah contoh proposal permohonan bantuan dana yang benar sesuai dengan standar penulisan proposal bantuan dana yang sebenarnya. Silakan dipelajari, dan semoga referensi ini berguna bagi Anda. Dan sebagai catatan, artikel ini hanya berupa contoh yang artinya Anda perlu membuat penyesuaian sendiri tentunya sesuai dengan keperluan Anda.



0 Response to "Contoh Proposal Bantuan Dana"

Post a Comment

close