Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba

Surat Keterangan Bebas Narkoba digunakan untuk berbagai keperluan yang tentu saja sifatnya sangat penting. Untuk membantu Anda memahami bagaimana format surat keterangan bebas narkoba yang benar, kali ini bank contoh surat akan mengulasnya untuk Anda. Dengan membaca referensi ini, diharapkan nantinya Anda dapat memahami serta bisa membuat surat keterangan bebas narkoba yang benar.

Cara Membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba


Untuk menulis surat keterangan terbebas dari narkoba terdapat beberapa hal yang perlu Anda perhatikan sebagaimana dipaparkan dibawah ini:

  1. Saat ini untuk pendaftaran pasien atau pengguna layanan kesehatan di rumah sakit diharuskan memiliki E-KTP. Namun bagi mereka yang belum memilikinya, bisa menggunakan Surat Domisili dari pemerintah setempat atau Surat Keterangan dari Dinas Kependudukan Dan Catatan Sipil daerah setempat.
  2. Mereka yang mendaftarkan diri hanya untuk pemeriksaan bebas narkoba, terdaftar sebagai pasien ‘Umum’ rumah sakit sehingga tidak bisa menggunakan fasilitas BPJS-Kesehatan untuk mendapatkan pelayanan tersebut.
  3. Sesiapa saja yang terdaftar sebagai pasien umum yang tidak dapat menggunakan fasilitas BPJS-Kesehatan, maka seluruh biaya pelayanan ditanggung penuh oleh pihak pasien. Jadi pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba Dan Psikotropika harus menyiapkan dana sendiri untuk membayar biaya yang dikenakan (untuk kepastian besaran jumlah total biaya yang dikenakan silahkan hubungi langsung bagian informasi pihak rumah sakit yang akan dituju).
  4. Pemeriksaan bebas narkoba di rumah sakit dilakukan melalui proses pengujian laboratorium dan psikiatri kesehatan jiwa. Sehingga umumnya status seseorang tersebut menjadi pasien bagian kejiwaan rumah sakit, sehingga anda tidak perlu kaget jika diarahkan untuk masuk poli jiwa.
  5. Pengujian laboratorium dilakukan melalui pemeriksaan air urin, kemudian untuk pengujian psikiatri melalui pemeriksaan pengamatan fisik dan kejiwaan oleh psikiater.
  6. Dianjurkan saat melakukan pemeriksaan tersebut, harus dalam kondisi sehat dan tidak sedang dalam kondisi mengkonsumsi obat-obatan baik itu obat dari resep dokter maupun bukan.


Prosedur Pembuatan Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Psikotropika


Apabila hal-hal tersebut diatas sudah dipersiapkan semuanya, maka berikut ini langkah-langkah cara membuat Surat Keterangan Bebas Narkoba dan Psikotropika yang bisa dilakukan di Rumah Sakit Umum Daerah.
  1. Mendaftarkan diri sebagai pasien di rumah sakit untuk pemeriksaan bebas narkoba.
  2. Membayar biaya administrasi untuk registrasi pelayanan yang dituju.
  3. Biasanya akan diarahkan masuk ke bagian poli jiwa untuk pendataan identitas dan mendapatkan surat rujukan ke bagian laboratorium.
  4. Dibagian laboratorium harus melakukan registrasi ulang dengan menunjukan surat rujukan pemeriksaan bebas narkoba.
  5. Membayar biaya yang dikenakan untuk pemeriksaan.
  6. Kemudian anda akan diminta untuk memberikan sample urin untuk pengujian laboratorium.
  7. Setelah memberikan sample urin dibagian laboratorium, Anda harus kembali ke poli jiwa untuk memberikan surat bukti registrasi pemeriksaan dari laboratorium dan menunggu hasil lab dahulu (biasanya 1-2 hari diminta menunggu hasil dan kembali lagi ke rumah sakit untuk pemeriksaan lanjutan).
  8. Di hari pemeriksaan lanjutan yang telah ditentukan, Anda bisa langsung menuju poli jiwa. Disana Anda akan diberikan sebuah berkas yang harus Anda isi berupa data diri dan keterangan riwayat yang berhubungan dengan penggunaan zat adiktif. Kemudian bertemu langsung dengan psikiater yang akan memeriksa.
  9. Apabila rangkaian pemeriksaan tersebut sudah selesai dan hasilnya menyatakan bebas narkoba, maka pihak rumah sakit melalui bagian psikiatri kesehatan jiwa akan memberikan anda Surat Keterangan Bebas Narkoba Dan Psikotropika disertai dengan lampiran hasil laboratorium.

Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba


Dan berikut ini contoh surat keterangan bebas narkoba:


PEMERINTAH KABUPATEN.....
DINAS KESEHATAN 
PUSKESMA INDAHJAYA....
Alamat: Jl. Purnamasari 11 Da..... No. Telp:
=========================================== 


SURAT KETERANGAN BEBAS NARKOBA
Nomor : /K.Se / UPTD-PKM.PB/ VI / 2017


Yang bertanda tangan dibawah ini :  

Nama : dr. Indriana Sari Wati
NIP : 19780227 200604 2 023 
Jabatan : Dokter Puskesmas Pasir Belengkong 

Menerangkan bahwa pasien yang tertulis dibawah ini :  

Nama : Nesya Aulia Nabila 
TTL : Martapura, 12 Juni 2005 
Pekerjaan : Pelajar 
Alamat : Jl. Pangeran Antasari No.01 RT.09. RW.06. Kecamatan Tanah Abang.

Telah dilakukan pemeriksaan beberapa Zat Adiktif / Narkoba pada Urin yang bersangkutan dengan hasil sebagai berikut :

A. Amphethamine : Negative Positive
B. Opiate/Morphine: Negative Positive
C. Cannabinoid/THC : Negative Positive
 
Kesimpulan : Yang bersangkutan Bebas dari Zat Adiktif / Narkoba. 

Demikian Surat Keterangan ini dibuat dengan sebenarnya untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya. 

Pasir Belengkong, 19 Juni 2017 

Dokter Puskesmas Pasir Belengkong

ttd & stempel rumah sakit

dr. INDRIANA SARI WATI
NIP. 19780227 200604 2 023

Demikianlah contoh surat keterangan bebas narkoba atau SKBN dari rumah sakit yang dikeluarkan oleh dokter di rumah sakit setempat. Dan berikut ini adalah contoh surat pernyataan bebas narkoba.

Contoh Surat Pernyataan Bebas Narkoba



SURAT PERNYATAAN


Yang bertanda tangan di bawah ini :

 

Nama                                       : Gunawan Wijayanto Hadi
Tempat dan tanggal lahir        : Magelang, 10 Oktober 1995
Agama                                     : Islam
Alamat                                     : Jl. KH Hasyim Ashari No. 139 Magelang

 

Dengan ini menyatakan dengan sesungguhnya, bahwa Saya:

Tidak pernah menggunakan narkoba dan terlibat narkoba dalam bentuk apapun.

Demikian surat pernyataan ini Saya buat, Saya bersedia dituntut dipengadilan apabila jika saya melanggar yang tertulis dari surat ini Saya bersedia menerima segala tindakan / sanksi yang diberikan oleh pihak terkait, apabila dikemudian hari Saya terbukti menggunakan narkoba atau terlibat maka pernyataan Saya tidak benar dan bersedia menerima konsekuensinya.

 

Magelang, 12  Maret 2018

Yang membuat pernyataan,
 

Materai Rp 6000

 
Gunawan Wijayanto Hadi



Demikian tadi referensi surat keterangan bebas narkoba serta contoh surat pernyataan bebas narkoba yang dapat saya ulas pada kesempatan kali ini. Semoga referensi surat penting ini bermanfaat bagi kalian, khususnya bagi Anda yang saat ini benar-benar sedang membutuhkannya.


0 Response to "Contoh Surat Keterangan Bebas Narkoba"

Post a Comment

close