Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk KPR

Ketika Anda memutuskan untuk mengambil KPR, nantinya Anda akan membutuhkan Surat Keterangan Kerja dari perusahaan yang berfungsi untuk melengkapi persyaratan serta meyakinkan pihak bank bahwasannya Anda mampu untuk membayar. Surat ini sangat penting dan akan menjadi salah satu syarat persetujuan permohonan KPR Anda.

KPR sendiri merupakan singkatan dari Kredit Pemilikan Rumah. Pada umumnya orang yang belum memiliki rumah ataupun baru berumah tangga, maka ia akan membutuhkan sebuah rumah sehingga akan membeli sebuah rumah untuk mereka tinggali. Nah pembelian ini dapat dilakukan secara cash ataupun secara kredit. Untuk pembelian secara kredit, biasanya dilakukan secara KPR yang mana sudah tidak sedikit bank atau pihak-pihak tertentu yang memfasilitasi KPR ini. Oleh sebab itu pemebelian rumah ini secara kredit, maka pihak penyedia tentunya akan meminta jaminan kepada calon pembeli rumah tersebut.

Adapun jaminan yang dimaksuda disini adalah surat keterangan kerja untuk KPR. Tujuan adanya surat ini ialah supaya pihak penyedia bisa mempercayai bahwa calon pembeli mampu untuk mencicil kredit pembelian rumah tersebut. Dengan adanya surat keterangan kerja ini, maka minimal kita sudah diprioritaskan agar bisa mendapat fasilitas KPR tersebut. Lalu apa itu surat keterangan kerja untuk KPR dan seperti apakah formatnya, dibawah ini sudah saya siapkan contohnya.

Surat keterangan kerja untuk KPR adalah sebuah surat yang dikeluarkan oleh perusahaan yang isinya ialah menerangkan bahwa seseorang benar bekerja pada perusahaan/instansi tersebut yang mana akan digunakan untuk pengurusan KPR. Isi dari surat ini sebenarnya sangatlah sederhana, surat dikeluarkan oleh pemilik usaha yang diwakili oleh Manager, Supervisor atau bagian Personalia yang menerangkan bahwa yang bersangkutan benar-benar bekerja pada perusahaan tersebut dan juga dilengkapi dengan besaran gaji yang diterima.

Surat keterangan kerja tersebut juga tidak jarang juga disebut sebagai surat referensi kerja atau juga parklaring. Seperti yang sudah admin jelaskan tadi di atas, bahwa surat ini tentunya akan menjadi bukti yang sah bahwa seseorang memang benar-benar bekerja di sebuah perusahaan tertentu.

Cara Membuat Surat Keterangan Kerja Untuk KPR

Sebenarnya untuk membuat surat keterangan kerja ini merupakan wewenang dari pemiliki perusahaan yang boleh diwakilkan kepada Manager ataupun bagian-bagian lain yang ada di dalam sebuah perusahaan. Jadi bagi anda yang membutuhkan surat ini, anda tinggal mendatangi bagian-bagian tertentu yang mempunyai tugas dan wewenang untuk hal ini dan menyuruh untuk dibuatkan surat keterangan kerja untuk KPR ini.

Surat ketarangan kerja ini termasuk dalam kategori surat resmi, sehingga tentu harus mengikuti tata cara pembatan surat resmi. Maka bagi anda yang berwenang untuk membuat surat keterangan kerja untuk KPR ini, maka harus memperhatikan beberapa hal dalam membuat surat referensi kerja ini, yakni:

  • Terdapat kop surat
  • Nomor surat
  • Isi, yang menjelaskan status seseorang di perusahaan tersebut beserta posisi yang ditempati saat dibuatnya surat tersebut.
  • Tanda tangan Pemilik Usaha/Direktur/manajer

Dari penjelasan di atas sedikitnya kita sudah tahu bagimana format surat keterangan kerja untuk KPR yang baik dan benar. Namun supaya lebih jelas,alangkah baiknya kita simak langsung beberapa contoh yang sudah admin sediakan di bawah ini, silahkan perhatikan baik-baik.

Contoh Surat Keterangan Kerja Yang Benar Untuk KPR


SURAT KETERANGAN

Yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama           : Anton
Alamat Toko : Jln. Agung No. 33 Medan
Jabatan        : Pemilik Mini Market Ingin Jaya

Dengan ini menerangkan bahwa nama yang tersebut dibawah ini sudah bekerja sejak tahun 2005 sampai saat ini sebagai pekerja di Mini Market Ingin Jaya bagian operasional dengan penghasilan perbulan Rp. 2.350.000,- yaitu:

Nama   : Muliadi
Alamat : Jln. Siliwangi No. 77 Medan

Surat keterangan ini saya keluarkan sebagai persyaratan untuk pengajuan KPR (Kredit Pemilikan Rumah).

Demikian surat keterangan ini saya perbuat untuk dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Medan, 5 Mei 2017

Hormat Saya

Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk KPR Yang Lengkap

PT SUMBER LESTARI
Jln. Suka Rusak No. 67 Jakarta Timur
Telp (0210 34523467, Fax (021) 34523467
email : sumberlestari@pt.com
===========================================================

SURAT KETERANGAN KERJA
Nomor : 245/HRD/PT-SL/IV/2017

Saya yang bertanda tangan dibawah ini:

Nama    : Irwandi, S.T.
Jabatan : Direktur Utama PT Sumber Lestari
Alamat  : Jln. Angsa No. 98 Jakarta Timur

Dengan ini menerangkan bahwa yang bersangkutan dibawah ini:

Nama    : Diky Kurniawan, S.E
Jabatan : Manajer Pemasaran
Alamat  : Jln. Kenari No. 43 Jakarta Timur

Dengan ini menyatakan bahwa Saudara Diky Kurniawan, S.E. benar-benar menjadi karyawan tetap di dari PT Sumber Lestari. Dan yang bersangkutan benar adalah karyawan tetap sampai sekarang ini dan menjabat sebagai Manajer Pemasaran dengan penghasilan perbulan Rp 10.000.000,-.

Surat keterangan kerja ini digunakan sebagai syarat administrasi pengajuan KPR oleh saudara Diky Kurniawan, S.E.

Demikian surat keterangan kerja ini dikeluarkan, semoga dapat dipergunakan sebagaimana mestinya.

Jakarta, 5 Mei 2017

Direktur Utama
PT. Sumber Lestari


Antob
Manajer Mini Market


Baca:


Demikianlah ulasan serta contoh surat keterangan kerja untuk KPR yang dapat saya publikasikan pada postingan kali ini. Semoga ulasan dan contoh surat referensi kerja diatas bisa menambah pengetahuan serta dapat menjadi referensi berguna dalam membuat surat keterangan kerja untuk pengurusan KPR Anda.


0 Response to "Contoh Surat Keterangan Kerja Untuk KPR"

Post a Comment

close