Contoh Teks Berita Singkat

Pengertian teks berita, adalah sebuah naskah yang berisikan berita yang dalam hal ini bisa berupa berita nasional, internasional, dan dengan berbagai macam bentuknya. Misalnya berita tentang konflik, berita olahraga atau berita tentang peristiwa penting.

Membuat naskah berita sejatinya sangat mudah, namun bagi Anda yang tidak pernah berkecimpung didunia jurnalistik, mungkin Anda masih bingung bagaimana cara menyusunnya. Nah, pada kesempatan ini saya ingin berbagi contoh naskah berita singkat yang dapat Anda jadikan sebagai materi pembelajaran.

Langsung saja, dibawah ini adalah sebuah naskah berita pendek yang nantinya akan disampaikan di media televisi oleh penyampai berita atau jika bukan acara berita maka yang bersangkutan lebih familiar disebut sebagai presenter.

Contoh Teks Berita (5W+1H)


Kebakaran Dayah Samahani Musnahkan 12 Ruang Belajar

Kebakaran Dayah Nurul Hikmah di Desa Leupueng Cut Samahani, Kecamatan Kuta Malaka, Aceh Besar menghanguskan 12 ruang belajar milik lembaga pendidikan keagamaan tersebut.

Laporan yang dipublish Pusdalops PB BPBD Aceh Besar menyebutkan, dayah yang berlokasi di Leupueng Cut itu dipimpin Ustaz M Saleh (70). Kejadiannya pukul 17.05 WIB.

BPBD Aceh Besar mengerahkan 8 unit armada pemadam dari Pos Sibreh ke lokasi kejadian. Api berhasil dikuasai pukul 18.15 WIB.

Bangunan dayah yang berlokasi tidak jauh dari pinggiran Jalan Nasional Banda Aceh-Medan itu berkonstruksi dua lantai. Yang terbakar sebanyak 12 ruang kelas belajar, enam ruang di lantai atas dan enam ruang di lantai bawah.

Kerugian akibat kebakaran masih dalam pendataan sedangkan penyebab kebakaran diduga akibat korsleting listrik, namun untuk penyebab pasti masih dalam pengusutan pihak kepolisian.

Tim yang terlibat dalam penanggulangan kebakaran tersebut dari TNI/Polri, relawan RAPI, dan masyarakat setempat. (*)


Contoh Teks Berita Singkat Tentang Kecelakaan


Berita Kejadian Kecelakaan di Jawa Timur

Selamat sore pemirsa tvOne, kembali berjumpa dengan saya Rahmawati Hanum dalam acara kabar berita petang.

Berita kabar petang kali ini akan saya awali dengan berita kecelakaan maut sebuah truk dengan motor dari Surabaya, Jawa Timur.

Sebuah truk pengangkut pasir hilang kendalai saat sedang dalam kecepatan tinggi di Jalan Ngangel No. 22 Surabaya menabrak sebuah motor yang datang dari arah berlawanan.

Pengendara motor tewas seketika setelah dihantam oleh truk dan mengalami cedera parah pada bagian dada serta kepala.

30 menit kemudian polisi datang untuk melakukan penyelidikan, dan saat ini sopir truk sudah diamankan dan akan dimintai keterangan di kantor polisi terdekat.

Contoh Naskah Berita Tentang Bencana Alam


Longsor Kembali Hantui Warga Garut

Sejumlah titik longsor bermunculan di Kabupaten Garut Jawa Barat usai hujan melanda di daerah itu selama hampir sepekan.

Di Kampung Cigedogan Desa Mekarjaya Garut misalnya, tebing setinggi 10 meter dilaporkan ambruk dan menutup akses transportasi dari Kecamatan Bungbulang menuju Kecamatan Caringin.

Beruntung tidak ada korban jiwa dalam kejadian itu. Namun material berupa tanah dan batuan setebal tiga meter menutupi akses jalan sepanjang 10 meter.

“Kami bersama warga sedang mengupayakan agar kendaraan roda dua bisa lewat jalur tersebut, sambil menunggu alat berat dari Provinsi Jabar,” ujar Camat Bungbulang Heri Hermawan, Senin, 29 Mei 2017.

Petugas Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Garut Imat menambahkan bencana longsor juga menimpa akses transportasi di jalur Kecamatan Cikajang. Di mana ada tiga kecamatan, yakni Banjarwangi, Singajaya dan Peundeuy yang kini terputus.

“Masyarakat masih berupaya membersihkan material tanah yang menutupi badan jalan,” ujarnya.


Contoh Teks Berita Tentang Politik


Fraksi-fraksi DPR Debat soal Waktu Voting RUU Pemilu

Jakarta – Sepuluh fraksi di DPR menyampaikan sikap terkait waktu pengambilan keputusan terkait pembahasan RUU Pemilu. Debat tak dapat dihindari.

Pimpinan DPR, Fadli Zon, menyebut hasil lobi mengerucutkan dua paket isu RUU Pemilu, yakni paket A atau B. Fadli lalu meminta persetujuan waktu voting. Apakah malam ini atau Senin depan.

PDIP, Golkar, PKB, PPP, NasDem, dan Hanura sepakat voting malam ini. Sisanya, Gerindra, PKS, dan PAN meminta perpanjangan lobi. Sementara itu, Demokrat siap voting malam ini namun tak tanggung jawab soal isu PT.

“Kami siap mengambil keputusan malam hari ini namun kalau ada PT kami tak ikut bertanggung jawab,” kata Didik Mukrianto.

PAN lalu mengatakan siap voting malam ini. Namun, mereka minta diberi kesempatan menyampaikan beberapa hal.

“Kalau misalkan tadi sudah menginventarisir mayoritas fraksi meminta hari ini tak masalah. Izinkan menyampaikan beberapa hal sebelum keputusan dilaksanakan,” sebut Yandri.

Fadli lalu mendapat hujan interupsi baik dari anggota maupun penonton di balkon. Fadli pusing.

“Wartawan catat pimpinannya nggak tegas,” teriak penonton.

“Bentar, ini banyak sekali yang interupsi,” ujar Fadli.
(gbr/erd)

Demikianlah beberapa cuplikan contoh naskah berita singkat yang dapat Anda pelajari untuk dijadikan sebagai bahan wawasan. Semoga contoh teks berita singkat diatas berguna bagi kalian.


0 Response to "Contoh Teks Berita Singkat"

Post a Comment

close