Cara Membuat Proposal Bantuan Dana

Seperti diketahui bersama, salah satu cara untuk mendapatkan dana operasional adalah melalui sebuah proposal. Lalu bagaimana cara membuat proposal permohonan bantuan dana yang benar itu? Dikolom ini saya akan mengulas mengenai tata-cara membuat proposal bantuan dana yang baik dan benar yang nantinya bisa membimbing Anda untuk membuat proposal milik Anda.


Pendahuluan


Kebanyakan dari kita menginginkan kepemilikan usaha sendiri ketimbang harus bekerja kepada orang lain, dengan kata lain menjadi wirausaha adalah cita-cita. Namun sayangnya, untuk menjadi seorang pengusaha terkadang kita berpikiran harus mempunyai modal yang tidak sedikit. Padahal banyak juga contoh yang menjadi wirausaha sukses dengan modal pas-pasan. Yang penting memiliki visi dan misi atau mempunyai tekad dan strategi yang jitu untuk menjadi sukses.

Masalah modal membuat kita sulit melaksanakan tujuan kita menjadi wirausaha, salah satu cara mengatasi masalah modal yakni dengan mengajukan permodalan ke instansi perbank-kan atau Anda bisa langsung mengajukan proposal permohohan modal ke pemerintah setempat. Dan perlu diketahui, Pemerintah sebenarnya memiliki anggaran besar yang ditujukan untuk mengembangkan usaha kecil dan menengah, Caranya tentu saja dengan mengajukan proposal sesuai prosedur. Anda tinggal menentukan sendiri usaha apa yang ingindigeluti.

Tetapi Anda akan mendapatkan peluang cukup besar jika usaha yang digeluti dibidang pertanian, perternakan dan pertanian. Salah satu contoh kita akan membuat proposal bantuan dana Ternak ikan lele. Namun disarankan Anda sudah memiliki usaha ternak ikan lele terlebih dahulu, jadi proposal bantuan dananya bersifat pengembangan usaha agar peluang cair nya semakin tinggi. Apa sajakah yang perlu dipersiapkan dalam membuat proposal tersebut, silakan dimak ulasannya berikut ini.


Cara Membuat Proposal Bantuan


#1. Surat Pengantar Permohonan Dana

Sebelumnya Anda harus membuat kelompok tani ternak ikan lele terlebih dahulu yang terdiri dari beberapa orang juga terdapat struktur organisasinya yang meliputi ketua, wakil ketua, sekretaris dan bendahara. Kemudian membuat surat pengantar proposal permohonan dana yang ditujukan ke pemerintah setempat, kalau skalanya Kabupaten maka ditujukan ke Bupati melalui Dinas Pertanian dan Perikanan Kabupaten Anda.

Isi surat menyatakan permohonan dana dengan melampirkan proposal Bantuan Dana Ternak Ikan lele kelompok tani Anda. Juga sertakan jumlah dana yang dibutuhkan. Surat tersebut ditAnda tangani oleh ketua kelompok tani dan sekretaris juga mengetahui Kepala Desa Anda.

#2. Proposal Ternak Ikan lele

Proposal Tenak Ikan lele isinya terdiri dari:

a. Pendahuluan
Yang berisikan kenapa Anda memilih usaha ternak ikan lele serta potensi keuntungan bisnis ternak ikan lele. Serta Perkembangan dunia ternak ikan lele dimasa yang akan datang.

b. Tujuan
Tuliskan tujuan Anda membuat proposal ternak ikan lele.

c. Target
Apa target dari ternak ikan lele kelompok tani Anda.

d. Manfaat
Tentunya ternak ikan lele akan memberikan manfaat baik bagi kelompok tani maupun bagi masyarakat setempat. Tuliskan poin-poinnya secara terperinci.

e. Gambaran Peluang
Peluang usaha ternak ikan lele perkembangannya kedepan akan seperti apa.

f. Persyaratan Lokasi
Tentu saja ternak ikan lele sedikit banyak akan mengganggu kenyamanan lingkungan sekitar karena akan menimbulkan bau tak sedap, maka Anda perlu melokalisir tempat ternak ikan lele tersebut yang tentunya jauh dari pemukiman.

g. Teknis Budidaya
Pastinya secara teknis Anda memiliki tahapan-tahapan dalam pembudidayaan ikan lele sampai pada pemasaran dan keuntungan.  sebutkan secara terperinci, Misalnya dari PerkAndangan, Bibit unggul, Pakan ternak, Tata Laksana dan pemasaran hasil ternak.

h. Biaya Produksi
Sebutkan total biaya produksi ternak ikan lele yang akan dilaksanakan.  Kemudian dalam proposal ternak ikan lele ini berikan informasi secara terperinci mengenai apa saja yang dibutuhkan dan anggaran masing-masing itemnya. Misal Membutuhkan kAndang dengan dana 7 juta ukuran kAndang sekian, kemudian Pakan selama 3 bulan dengan dana sekian dan seterusnya.

i. Penutup.
Berikan penutup yang baik. Kemudian dibagian bawah proposal permohonan dana ternak ikan lele ditAnda tangani oleh ketua dan sekretaris kelompok tani dan kepala desa. Lampirkan juga susunan organisasi kelompok tani Anda.

Nah demikianlah panduan cara membuat proposal permohonan bantuan dana untuk kebutuhan peternakan ikan lele, semoga artikel ini berguna bagi kalian semua.



0 Response to "Cara Membuat Proposal Bantuan Dana"

Post a Comment

close