Contoh Teks Pidato Tentang Toleransi

Contoh Teks Pidato Tentang Toleransi
Dikesempatan ini saya ingin berbagi contoh naskah pidato tema tolerensi. Dalam bersosial masyarakat kita harus selalu bisa mengedepankan nilai toleransi terhadap sesama sehingga bisa tercipta sebuah kehidupan sosial yang tentram dan saling menghargai anatra satu sama lain.

Sebelumnya saya sudah menerbitkan artikel terkait, yaitu contoh naskah pidato bahasa Inggris dan contoh artikel pendidikan. Dan berikut ini conth naskah pidato tema tentang toleransi


Contoh Pidato Tentang Toleransi


Assalamu’alaikum Wr. Wb.

Syukur kehadirat Allah SWT. yang telah memberikan segenap rahmat dan nikmat kepada kita semua sehingga kita bisa merasakan sebuah kehidupan yang aman, tentram, dan hidup dalam keharmonisan.

Kedua kalinya shalawat serta salam muda-mudahan tetap tercurahkan kepada junjungan kita Nabi besar Muhammad SAW. yang telah memberikan tuntunan kepada kita sehingga kita berada pada jalan yang di ridloi.

Bapak/ibu dan para hadirin sekalian...

Pada kesempatan ini izinkan saya untuk menyampaikan sebuah pesan berkaitan dengan nilai toleransi dimana toleransi sangat dibutuhkan dalam kehidupan sehari-hari kita sebagai makhluk sosial.

Para hadirin yang saya hormati..

Adalah sangat penting bagi kita semua untuk selalu mengedepankan nilai toleransi terhadap sesama dalam bersosial dan bermasyarakat. Dengan adanya toleransi kita dapat menciptakan sebuah kondisi yang kondusif dan sejahtera.

Dalam menjalani kehidupan kita tidak boleh bersikap arogan dan tidak memberikan toleransi kepada sesama. Adalah tanggung jawab kita semua untuk senantiasa menjadi masyarakat yang peduli dan dapat memberikan toleransi kepada orang lain.

Para hadirin yang saya hormati..

Marilah kita senantisa mengedepankan nilai toleransi. Mari menjauhkan diri kita dari bentuk-bentuk arogansi yang dapat menodai kehidupan sosial kita sebagai masyarakat yang saling menghormati satu sama lain.

Adalah penting bagi kita untuk mentolerir kesalahan-kesalahan yang mungkin dilakukan oleh orang lain. Dan kita harus bisa memberikan toleransi kepada yang bersangkutan berkaitan dengan upaya kita  untuk menunjukkan sikap profesionalitas dalam bermasyarakat.

Bapak/ibu dan para hadirin sekalian..

Demikian sedikit pengingat, khususnya untuk saya pribadi dan kepada para hadirin sekalian pada umumnya. Semoga bermanfaat dan bisa memberikan bimbingan kepada kita semua, Amin.

Wassalamu’alaikum Wr. Wb.

Contoh Teks Pidato Toleransi Antar Umat Beragama


Assalamuallaikum Wr. Wb

Alhamdulillahirabbil Alamin Wassalatu Wassalamu Ala Asrafil Ambiyai Walmursalim Syedna Wamaulana Muhammadin Waala alehi Wasahabihi Ajmain.

Puji syukur marilah kita panjatkan kehadirat Allah SWT, yang mana oleh Allah masih member cinta, kasih sayang, serta rahmat-Nya kepada kita, sehingga pada kesempatan kali ini kita masih diizinkan untuk berkumpul bersama di sebuah bingkaian ukuwah islamiyah.

Serta tak lupa salam dan sholawat, selalu kita curahkan kepada nabi besar junjungan kita. Beliaulah yang menghantarkan kita dari jalan jahiliyah ke jalan islamiyah. Siapa lagi kalau bukan nabi besar Muhammad SAW. Yang mana juga kita tunggu nanti safaatnya di yaumul Qiyamah.

Salam takzim saya kepada segenap dewan juri yang arif dan bijaksana, serta tak lupa kepada kawan-kawan seperjuangan dan hadirin hadirat.

Pada kesempatan yang berbahagia ini, izinkanlah saya untuk menyampaikan sedikit untaian pidato, yang insyallah dapat bermanfaat bagi kita semua.

Kali ini saya akan menyampaikan sebuah tema Toleransi Antar Umat Beragama. Sebelumnya buat afdholnya nih, saya member judul pidato kali ini  yaitu we are one, although the differences/ kita adalah satu walaupun dalam perbedaan.

Manusia hidup di dunia ini tidak lepas dengan yang namanya Interaksi, atau hubungan timbal balik. Karena manusia adalah makhluk social. Makhluk yang tidak bisa hidup sendiri, apalagi dalam memenuhi kebutuhan, khususnya di lingkungan masyarakat. Antar manusia itu saling ketergantungan dalam segala bidang kehidupan. Kita itu bagaikan seekor lebah dengan bunga, bagaikan kerbau dengan burung jalak saling membentuk simbiolisme untuk bertahan hidup.

Namun dalam kehidupan itu pastilah ada perbedaan, karena Allah meciptakan manusia itu bersuku suku, berbangsa-bangsa, dan beraneka ras. Untuk meciptakan kehidupan damai dan terbebas dari konflik perbedaan maka diperlukan sikap saling menghargai dan menghormati antar sesama. Sikap saling menghargai ini sering kita artikan dengan sebuah kata Indah nan bermakna . Ya apa lagi kalo bukan Toleransi, kalo dalam istilah arab ya tasamuh.
Toleransi itu adalah sebuah elemen penting dalam terciptanya suatu ikatan hubungan dalam kehidupan.Termasuk yang terpenting adalah toleransi dalam beragama.

Agama adalah pegangan hidup seseorang, dan Kebebasan beragama adalah hak setiap manusia. Hak untuk menyembah Tuhan diberikan oleh Tuhan, dan tidak ada seorang pun yang boleh mencabutnya.

Nah toleransi agama ini sendiri sudah diatur dalam beberapa firman Allah di Al-Quran, salah satunya adalah surat (QS. Al Baqarah:256), Allah Swt berfirman:

لَا إِكْرَاهَ فِي الدِّينِ قَدْ تَبَيَّنَ الرُّشْدُ مِنَ الْغَيِّ فَمَنْ يَكْفُرْ بِالطَّاغُوتِ وَيُؤْمِنْ بِاللَّهِ فَقَدِ اسْتَمْسَكَ بِالْعُرْوَةِ الْوُثْقَى لَا انْفِصَامَ لَهَا وَاللَّهُ سَمِيعٌ عَلِيمٌ.

“Tidak ada paksaan dalam beragama Islam. Sungguh telah jelas jalan yang benar dari jalan yang salah. Karena itu, barangsiapa yang ingkar kepada thagut (tuhan selain Allah) dan beriman kepada Allah, maka sesungguhnya dia telah berpegang kepada tali yang sangat kuat yang tidak akan putus. Allah maha mendengar, lagi maha mengetahui.” (QS. Al Baqarah:256)
     
Kebebasan untuk memilih agama dalam ayat ini mengandung maksud, bahwa memeluk agama Islam tidak menghendaki adanya paksaan, melainkan melalui kesadaran dan keinginan pribadi yang bersangkutan. Bagi mereka yang berkenan, dipersilahkan, bagi yang tidak, adalah hak mereka sendiri untuk menolak dengan sepenuh hati.
     
Toleransi beragama ini sendiri sudah dijalankan oleh nabi Muhammad SAW, ya salah satu contohnya adalah saat nabi menjadi pemimpin di madinah, dimana beliau menyatukan seluruh masyarakat, suku yang ada di madinah. Terbukti dengan adanya perjanjian antara nabi dengan umat yahudi dan nasrani, dimana mereka diperkenaankan untuk menjalankan ibadah mereka masing2, namun dengan satu syarat yaitu hidup bersama di madinah haruslah saling menghargai, menjaga kerukunan dan kesatuan madinah. Perjanjian ini dikenal dengan piagam madinah.
     
Nah sahabat2 rohimahqumullah
Mengingat Toleransi itu sangat penting, lalu fungsi toleransi itu apa sih sebenrnya ? apa Cuma buat menghargai, menghormati kebebasan ? jawabannya adalah NO. Jawabannya apa ? NO !! Everybody say no !!!
     
Yang pertama adalah Menjaga kerukunan dan keharmonisan dalam pergaulan antar sesama umat manusia, lalu memperbanyak persaudaraan dan persahabatan, dan menghilangkan kesulitan yang ada pada diri sendiri maupun pada orang lain.
     
Nah sahabat  Perbedaan itu hadir bukan sebagai pemisah tapi untuk mengeratkan hubungan dengan memperkaya warna dunia. Berbeda tapi tetap satu selera, satu tujuan yaitu menciptakan kehidupan yang damai dan saling membentuk ikatan atau simbiolisme yang mutualisme yaitu saling menguntungkan.
     
Sahabat-sahabatku sekalian, dari materi-materi yang telah kita pelajari tadi, maka dapat ditariklah sebuah kesimpulan yaitu Islam memerintahkan kepada umatnya untuk saling tenggang rasa dan toleransi dalam menjalankan ajaran agamanya masing-masing. Allah Swt sengaja menciptakan manusia berbilang bangsa dan suku hanya untuk menguji, mampukah manusia untuk hidup rukun dan damai penuh kasih sayang di dalam mencari kebenaran di sisinya, serta sikap toleransi yang kita lakukan akan menciptakah bahtera kehidupan yang damai dan penuh keharmonisan.
     
Nah sahabat, untuk itu marilah mulai sekarang kita menanamkan sikap saling mengormati dan menghargai antar sesama. Kita tau bahwa air dan minyak tidak pernah bisa bersatu, namun kita tahu juga walaupun tidak bisa bersatu mereka tetap bisa berdampingan. Ada kehangatan di setiap perbedaan.
     
Nah para sahabat, sekianlah yang dapat saya sampaikan kali ini, semoga dapat bermanfaat bagi kita semua. Apabilah ada kekurangan dan tutur saya yang slah saya mohon maaf sebesar besarnya, karena kesempurnaan hanya milik Allah dan kesalahaan hanya ada pada diri saya.

Wassalamu'alaikum Warhmatullahi Wabarakatuh.

Demikian contoh naskah pidato singkat tema toleransi, semoga contoh diatas bermanfaat bagi sahabat pembaca yang sedang mencari contoh teks pidato tema terkait.


0 Response to "Contoh Teks Pidato Tentang Toleransi"

Post a Comment

close