Kisi Kisi UN dan USBN 2018

Kisi-kisi merupakan matriks yang memuat kriteria tentang soal-soal yang diperlukan atau yang hendak disusun.

Kisi-kisi juga dapat diartikan test blue-print atau table of specification merupakan deskripsi kompetensi dan materi yang akan diujikan yang bertujuan untuk menentukan ruang lingkup dan sebagai petunjuk dalam menulis soal.

Adapun fungsi dari penyusunan kisi-kisi soal adalah sebagai berikut:

Panduan/pedoman dalam penulisan soal yang hendak disusun. Pedoman penulisan soal meurupakan aspek tepenting ketika guru hendak memberikan soal kepada siswa, pedoman tersebut akan menjadi acuan bagi guru dalam penulisan soal sehingga akan memudahkan dalam pembuatan soal.

Penulis soal akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes. Tes merupakan bahan evaluasi guru terhadap keberhasilan peserta didik dalam pembelajaran yang disampaikan, guru dalam mengevalusi peserta didik akan memberikan soal tes evaluasi yang bermacam-macam sesuai dengan tujuan pencapaian evalusi terhadap pembelajaran tertenu. Dalam pembuatan soal yang menggunakan kisi-kisi, penulis akan menghasilkan soal-soal yang sesuai dengan tujuan tes.

Penulis soal yang berbeda akan menghasilkan perangkat soal yang relatif sama, dari segi tingkat kedalamannya segi cakupan materi yang ditanyakan.

Penulisan kisi-kisi berfungsi untuk menselaraskan perangkat soal, sehingga hal ini juga akan mempermudah dalam proses evaluasi.


Kisi - kisi USBN tahun 2018



Demikian, semoga berguna bagi adik-adik dan sahabat pembaca sekalian!



0 Response to "Kisi Kisi UN dan USBN 2018"

Post a Comment

close