Contoh Surat Lamaran Kerja

Contoh Surat Lamaran Kerja Yang Baik Dan Benar - Surat lamaran atau surat pengantar pengajuan lamaran kerja adalah sebuah surat perkenalan yang melekat kepada seseorang untuk melamar pekerjaan di sebuah perusahaan, kantor atau instansi terkait untuk mengisi posisi atau jabatan tertentu, didalam pembuatan surat lamaran kerja, seorang pelamar harus menyertakan dokumen lain seperti resume atau curriculum vitae. Di dalam cara membuat surat lamaran kerja harus rapi dan sopan dengan menggunakan bahasa yang baik.

Surat lamaran kerja merupakan modal awal bagi seorang pelamar untuk mendapat kesempatan. Artinya, surat lamaran tersebut menjadi bahan pertimbangan penting bagi pihak HRD sebelum membuat keputusan apakah akan memanggil si pelamar atau sebaliknya. Oleh yang demikian, maka membuat surat lamaran kerja yang baik sesuai standar penulisan yang ada harus menjadi prioritas Anda agar memiliki kesempatan untuk dipanggil mengikuti sesi interview.

Sebagai tambahan, sebelum Anda memasukkan surat lamaran di perusahaan tertentu, pastikan Anda melakukan pengecekan mencakup semua aspek, meliputi tata bahasa, kelengkapan informasi, deskripsi Anda, dokumen-dokumen pendukung yang dibutuhkan, dsb. Ini amat penting karena tidak menutup kemungkinan terdapat kesalahan tertentu yang dapat menurunkan nilai Anda dihadapan HRD atau kepala bagian personalia. Cek surat Anda secara seksama sebelum Anda mengirimnya ke perusahaan atau instansi yang Anda tuju.

Contoh Surat Lamaran


Berikut ini adalah beberapa contoh surat lamaran pekerjaan yang lengkap, bagi anda yang hendak ingin melamar pekerjaan mungkin contoh surat lamaran kerja ini bisa menjadi referensi dan nantinya akan anda gunakan untuk melamar dperusahaan yang anda inginkan, dan tentunya surat lamaran kerja ini mudah-mudahan bisa membantu meringankan beban anda dalam membuat surat lamaran kerja.

Contoh Surat Lamaran Kerja di PT


Semarang, 25 Agustus 2014
Hal  : Lamaran Pekerjaan

Kepada Yth,
Kepala Bagian Personalia / HRD
PT. Ubit Bitu
Jl. Sengklek Raya No. 77
Tasikmalaya

Dengan Hormat,

Bpk. Kamaluddin, seorang asisten editor di PT. Ubit Bitu, menginformasikan kepada saya tentang rencana pengembangan Departemen Finansial PT. Ubit Bitu. Sehubungan dengan hal tersebut, perkenankan saya mengajukan diri (melamar kerja) untuk bergabung dalam rencana pengembangan PT. Ubit Bitu.

Mengenai diri saya, dapat saya jelaskan sebagai berikut :

Nama : Abdullah Syarief
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat & Tgl. Lahir : Yogyakarta, 2 Februari 1990
Alamat : Jalan Brigjen Katamso No. 12 Semarang
Status Perkawinan : Belum Kawin
No. Telepon : 081288774840
Pendidikan Terakhir : S1 Fakultas Ekonomi Universitas Tri Sakti Jakarta

Saat ini saya bekerja di PT. Aipa Collection, sebagai staff akuntansi dan perpajakan, dengan fokus utama pekerjaan di bidang finance dan perpajakan.

Sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan :
  1. Daftar Riwayat Hidup
  2. Foto copy ijazah S-1
  3. Foto copy sertifikat kursus/pelatihan
  4. Pas foto terbaru
Besar Harapan saya untuk diberi kesempatan wawancara, dan dapat menjelaskan lebih mendalam mengenai diri saya. Seperti yang tersirat di resume (riwayat hidup), saya mempunyai latar belakang pendidikan, pengalaman potensi dan seorang pekerja keras.

Demikian saya sampaikan. Terima kasih atas perhatian Bapak.


Hormat saya,



Abdullah Syarief

Surat Lamaran diatas ditujukan untuk melamar sebagai Staff finance di salah satu PT. Berikutnya adalah contoh surat lamaran untuk Anda yang memiliki  ijazah SMA/sederajat.

Contoh Surat Lamaran Kerja Untuk Lulusan SMA/Sederajat


Semarang, 05 Agustus 2015

Kepada Yth,
Staf HRD CV Karya Pramuka Sejahtera Semarang
di tempat

Dengan hormat,

Berdasarkan iklan lowongan pekerjaan yang dimuat pada Harian Suara Merdeka yang terbit pada hari Minggu 04 Agustus 2015 halaman 30 terkait Lowongan Pekerjaan sebagai Satpam di CV Karya Pramuka Sejahtera Semarang, dan setelah memperhatikan segala persyaratan yang ditentukan, maka saya yang bertanda tangan dibawah ini,

Nama : Arga Dirgantara Marcello
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat & Tgl. Lahir : Semarang, 23 April 1990
Alamat : Jalan Sultan Agung Barat No. 31 Semarang
Status Perkawinan : Sudah Menikah
No. Telepon : 085217271179
Pendidikan Terakhir : SMA PGRI 1 Semarang

Bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja diperusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengisi posisi Satpam. Saya telah memiliki pengalaman sebagai satpam selama 2,5 tahun, dan saya juga tidak pernah terlibat dalam penyalahgunaan obat-obatan terlarang dan tindakan yang melanggar hukum lainnya. Kemudian, sebagai bahan pertimbangan, saya lampirkan beberapa berkas administrasi sebagai berikut :

  1. Curriculum Vitae (CV) - 1 lembar
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) - 1 lembar
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
  4. Fotokopi Transkip Nilai yang telah dilegalisir - 1 lembar
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir - 1 lembar
  6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter - 1 lembar
  7. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja - 1 lembar
  8. Pas Foto 4x6 - 1 lembar
Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,



Arga Dirgantara Marcello

Demikian contoh surat lamaran untuk lulusan SMA atau sederajat yang ditujukan untuk melamar sebagai salah satu security atau keamanan di salah satu CV di kota Semarang. Berikutnya adalah contoh surat untuk melamar di salah satu Bank.

Contoh Surat Lamaran Kerja di Bank


Pematang Siantar, 19 Oktober 2014

Lampiran : 8 Lembar
Hal  : Lampiran Pekerjaan


Kepada Yth,
Staf HRD PT. Bank Mandiri
di tempat

Dengan Hormat,
Saya yang bertanda tangan di bawah ini,

Nama : Yudha Prasetya Utama Ghazali Sinaga, S.E.
Jenis Kelamin : Laki-laki
Tempat & Tgl. Lahir : Pematang Siantar, 15 Oktober 1993
Alamat : Jalan Perdamaian Raya No. 148 Pematang Siantar
Status Perkawinan : Belum Kawin
No. Telepon : 085786667580
Pendidikan Terakhir : S1 - Akuntansi Universitas Mercu Buana

Bermaksud untuk mengajukan permohonan kerja di Perusahaan yang Bapak/Ibu pimpin untuk mengikuti program Manajemen Training sebagaimana yang diberitakan pada iklan lowongan pekerjaan Koran Harian Sumut Pos edisi 17 Oktober 2014. Sebagai bahan pertimbangan, maka saya lampirkan beberapa berkas administrasi yang dapat mendukung proses seleksi, sebagai berikut :

  1. Curriculum Vitae (CV) - 1 lembar
  2. Fotokopi Kartu Tanda Penduduk (KTP) - 1 lembar
  3. Fotokopi Ijazah Terakhir yang telah dilegalisir - 1 lembar
  4. Fotokopi Transkip Nilai yang telah dilegalisir - 1 lembar
  5. Fotokopi Surat Keterangan Catatan Kepolisian (SKCK) yang telah dilegalisir - 1 lembar
  6. Fotokopi Surat Keterangan Dokter - 1 lembar
  7. Fotokopi Surat Pengalaman Kerja - 1 lembar
  8. Pas Foto 4x6 - 1 lembar

Demikian surat lamaran kerja ini saya buat, atas perhatian dan pertimbangan Bapak/Ibu saya sampaikan terima kasih.


Hormat saya,



Yudha Prasetya Utama Ghazali Sinaga, S.E.

Surat Lamaran diatas ditujukan untuk melamar sebagai staff di salah satu Bank di kota Pematang Siantar. Dalam surat tersebut menyertakan berkas-berkas lengkap yang dibutuhkan agar menjadi bahan pertimbangan penerimaannya.

Demikianlah info seputar contoh surat lamaran kerja ini, dan apabila ada lowongan kerja terbaru, contoh yang diatas bisa anda gunakan sebagai surat lamaran ke perusahaan yang anda inginkan, tetap berhati-hati dan waspada terhadap oknum yang mengatasnamakan HRD atau pihak yang memanggil untuk interview dengan meminta imbalan berupa uang atau berupa biaya administrasi lainnya, karena pihak perusahaan manapun tidak pernah meminta sejumlah uang atau biaya apapun kepada calon pelamar, semoga bermanfaat dan semoga sukses.



0 Response to "Contoh Surat Lamaran Kerja"

Post a Comment

close