Skip to main content

Kekurangan Web Hosting Gratisan

Kekurangan Web Hosting Gratisan
Kekurangan hosting gratis untuk website dan blog Anda adalah dapat menghambat perkembangan situs web dan blog yang Anda kelola. Karena seperti diketahui, web hosting gratisan memang memiliki banyak pembatasan.

Saat Anda berencana untuk membuat sebuah website ataupun blog dengan hosting sendiri, pekerjaan pertama Anda adalah memilih layanan web hosting terbaik yang dapat memenuhi kebutuhan sumberdaya website Anda.

Untuk sekedar mendapatkan layanan hosting memang cukup mudah. Di Indonesia telah hadir puluhan hingga ratusan perusahaan penyedia jasa web hosting. Namun, tidak semuanya menawarkan kualitas terbaik sehingga Anda perlu memiliki pertimbangan yang matang sebelum menentukan pilihan.

Terlebih untuk hosting gratis, Anda perlu berpikir dua kali untuk menggunakannya jika Anda memang serius ingin mengembangkan sebuah situs web yang dapat memberikan profit bagi Anda dikemudian hari. Jadi, jika Anda ingin membuat dan mengelola website secara serius, maka saya rekomendasikan untuk menggunakan web hosting berbayar.

5 Kekurangan Web Hosting Gratis


Sebagai bahan pertimbangan bagi Anda, berikut ini diulas secara ringkas 5 kekurangan layanan hosting gratisan.

Setelah membaca ulasan dibawah ini, nantinya Anda dapat menentukan pilihan secara tepat apakah tetep ingin menggunakan hosting gratisan ataukah mantap untuk memilih hosting berbayar.

1. Resources Terbatas


Web hosting gratisan tidak menyediakan resources atau sumberdaya sebagaimana yang dibutuhkan situs web Anda, baik untuk kapasitas RAM, bandwidth, disk space, dan sebagainya. Meskipun Anda bisa menggunakannya secara gratis, namun dengan sumberdaya yang sangat terbatas akan menghambat pengelolaan serta pengembangan situs Anda.

2. Website Tidak Aman


Karena penyedia hosting gratisan umumnya tidak memberikan garansi, maka itu artinya website Anda selalu dalam kondisi tidak aman. Anda bisa kehilangan website Anda sewaktu-waktu ketika terjadi masalah tertentu pada server. Anda tidak punya hak untuk menuntut ganti kerugian apapun, karena provider tidak memberikan jaminan keamanan.

3. Akses Website Lambat


Hampir semua website yang di host pada layanan hosting gratisan memiliki waktu muat yang cukup lambat karena provider memang tidak mengalokasikan sumberdaya yang memadai. Kondisi ini akan membuat pengunjung website Anda berbalik arah karena akses website yang terlalu lama.

4. Ketentuan Sleep Time


Apa itu sleep time pada layanan web hosting? Sleep time adalah kebijakan provider untuk para pengguna layanan hosting gratis mereka dimana website tidak dapat diakses karena provider perlu menghemat sumberdaya untuk dialokasikan pada pengguna berbayar. Setiap provider memberlakukan sleep time dengan durasi yang berbeda-beda.

5. Server Sering Down


Jika server down, itu artinya website Anda tidak bisa dibuka sama sekali. Ini merupakan salah satu kerugian menggunakan web hosting gratis. Karena prioritas provider adalah untuk pengguna berbayar, maka tidak heran jika website ataupun blog klien non-berbayar sering dihadapkan dengan masalah server down akibat sumberdaya yang berketerbatasan.

Masih yakin ingin menggunakan hosting gratisan?

Jawabannya tergantung Anda. Tapi, jika rencana Anda ingin serius mengelola website untuk suatu tujuan, saran saya gunakan web hosting premium, toh saat ini sudah banyak perusahaan hosting yang menawarkan harga murah. Hosting gratis tetap bisa Anda pilih, namun hanya sekedar untuk coba-coba saja. Jika berniat serius, Anda harus menggunakan hosting berbayar agar kerja keras Anda tidak sia-sia.

Recommeded :

Kumpulan Artikel Menarik Terbaru


Comment Policy: Silakan tuliskan komentar yang relevan. Komentar yang tidak memenuhi pedoman atau memuat unsur negatif tertentu tidak akan ditampilkan.
Buka Komentar
Tutup Komentar
close