Cara screenshot layar Laptop


Dalam skenario hari ini di mana semuanya dilakukan secara online, Anda diminta untuk mengambil tangkapan layar di laptop Anda untuk menangkap pekerjaan Anda. Tangkapan layar adalah gambar diam yang diambil dari apa pun yang ada di layar Anda.

Baik itu hari kerja biasa atau kelas Anda, Anda dapat menangkap gambar apa saja dan semua yang ada di layar dan menyimpannya sebagai file JPG atau PNG untuk digunakan nanti.

Namun, baik laptop Windows dan macOS hadir dengan cara atau perintahnya sendiri untuk mengambil tangkapan layar.

Diberikan di bawah ini adalah daftar kompilasi dari berbagai cara untuk mengambil tangkapan layar di laptop.

Cara screenshot layar Laptop Windows 10

Cara screenshot layar Laptop

Berikut cara mengambil screenshot di laptop Windows 7/10

Baik Windows 10 dan Windows 7 hadir dengan aplikasi khusus yang disebut 'Snipping Tool' untuk menangkap tangkapan layar apa pun. Aplikasi ini mengambil tangkapan layar dan menyimpannya sebagai file gambar di perangkat Anda.

Ambil tangkapan layar menggunakan Snipping Tool


Langkah 1: Cari Snipping Tool di kotak pencarian Windows, dan buka.

Langkah 2: Klik pada ketukan 'Baru' untuk mengambil tangkapan layar.

Langkah 3: Sekarang, pindahkan cross air dari tempat Anda ingin memulai tangkapan layar, lalu seret untuk memilih area.

Langkah 4: Selanjutnya, klik ikon 'Simpan Snip' untuk menyimpan tangkapan layar.

Ambil tangkapan layar menggunakan tombol pintas


Cara paling sederhana untuk menangkap tangkapan layar adalah dengan menekan Tombol Windows dan tombol 'PrtScn' (PrintScreen) secara bersamaan. Biasanya terletak di baris atas dekat tombol fungsi. Kotak penyimpanan akan muncul. Simpan gambar di mana pun Anda mau, beri nama file pada gambar tersebut. Kemudian tekan tab 'Simpan'.

Tangkap tangkapan layar menggunakan Keyboard Alt+PrtScn


Mirip dengan metode yang disebutkan di atas, opsi ini menyalin jendela aktif; layar tempat Anda bekerja. Tekan tombol 'PrtScn' dengan tombol 'Alt' untuk mengambil tangkapan layar.

Ambil tangkapan layar dari bagian tertentu menggunakan tombol Windows+Shift+S


Untuk menangkap bagian tertentu di layar, Anda perlu menekan ketiga tombol ini bersamaan- Windows, Shift+S. Ini akan meredupkan layar dan juga mengubah penunjuk tetikus menjadi seret, memungkinkan Anda memilih bagian yang ingin Anda tangkap. Tangkapan layar kemudian akan disalin ke clipboard.

Simpan tangkapan layar secara langsung menggunakan tombol Windows+PrtScn


Jika Anda tidak ingin menyalin tangkapan layar ke clipboard, Anda dapat menggunakan perintah pintasan, tombol Windows + PrtScn, di laptop Windows Anda untuk menyimpannya sebagai file gambar. Menekan tombol ini akan mengambil tangkapan layar dan menyimpannya di folder 'Gambar'.

Tombol Windows+G


Opsi ini paling populer di kalangan gamer. Pemain dapat menekan dua tombol; Windows dan G, bersama-sama untuk overlay game. Kemudian, klik ikon kamera atau tekan tombol Windows + Alt + PrtScn untuk mengambil tangkapan layar.

Cara mengambil tangkapan layar di laptop macOS


  • Laptop macOS juga memiliki berbagai opsi untuk mengambil tangkapan layar. Cara termudah untuk mengambil tangkapan layar di laptop macOS adalah dengan cukup menekan Command+Shift+3. Menekan ketiga tombol ini bersama-sama akan menangkap gambar diam seluruh layar.
  • Command+Shift+4 adalah perintah lanjutan yang memungkinkan Anda menangkap bagian tertentu dari layar.
  • Dengan menggunakan tombol, Command+Shift+5, Anda dapat dengan mudah mengambil tangkapan layar di laptop macOS. Opsi ini memberi Anda kebebasan untuk mengambil tangkapan layar. Anda cukup menekan tombol 'enter' atau memilih opsi, 'Tangkap bagian yang dipilih' dari panel kecil di bawah.
  • Demikian pula, Command+Shift+6. Opsi ini hanya tersedia untuk versi MacBook dengan bilah sentuh. Semua tangkapan layar yang diambil di laptop macOS akan disimpan di desktop Anda secara default.

Demikian panduan untuk screenshoot layar laptop, baik untuk OS Windows ataupun untuk macOS yang digunakan di laptop Apple.