Cara Mengatur Keuangan Pribadi


Tentu sangat penting untuk mengatur keuangan pribadi secara tepat agar Anda tidak dihadapkan dengan masalah keuangan yang pastinya akan sangat mengganggu kehidupan pribadi Anda dan juga keluarga tentunya.

Mungkin tidak mudah untuk bisa mengatur keuangan pribadi secara benar manakala segala sesuatunya tidak memiliki konsep yang jelas. Nah, disini kita akan berbagi informasi penting, yakni beberapa cara untuk mengatur keuangan pribadi yang bagus.

5 Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Cara Mengatur Keuangan Pribadi

Bagaimana cara mengatur keuangan pribadi yang baik dan benar? Berikut ini dijabarkan lima cara yang dapat Anda terapkan untuk mewujudkan keuangan pribadi yang sehat.

1. Buat Daftar Pengeluaran


Ini sangatlah penting. Anda bisa membuat daftar pengeluaran setiap bulannya agar dapat mudah ditelusuri kemana saja uang yang Anda gunakan. Contoh, buat pos pengeluaran untuk makan sehari-hari, belanja kebutuhan primer, melunasi hutang atau cicilan jika ada, kebutuhan hiburan, dan lain-lain. Anda dapat menggunakan aplikasi pengatur keuangan yang ada atau catat secara manual di ponsel.

2. Wajib Menabung

Jika ingin keuangan sehat, maka salah satu caranya adalah dengan memastikan Anda mau menabung - berapapun jumlahnya. Kita diajarkan untuk dapat menerapakan budaya rajin menabung dan hidup hemat. Kita tidak dapat memprediksi kejadian apa yang akan menimpa kita. Sehingga, alangkah bijaknya untuk dapat menyisihkan berapa persen dari penghasilan yang kita terima untuk ditabung.

Anda mungkin belum tahu seperti apa cara menabung yang benar, mudah saja - Anda dapat menabung 10 hingga 20 persen dari penghasilan Anda setiap bulan. Sesuaikan dengan keuangan Anda, tapi intinya Anda wajib menabung.

3. Usahakan Untuk Tidak Mengutang

Mengutang atau melakukan kredit acap kali memang tidak dapat dihindari. Tidak masalah Anda melakukan kredit atau mengutang sepanjang Anda punya kesanggupan untuk membayar. Namun, jika Anda bisa mengusahakan untuk tidak mengutang atau kredit suatu barang, hal ini akan membuat keuangan Anda lebih kuat.

4. Wajib Memiliki Dana Darurat

Dana darurat yaitu dana yang Anda persiapkan untuk mengantisipasi hal-hal yang tidak terduga dan mendesak. Tentu ada banyak kebutuhan yang sifatnya mendesak. Besaran dana darurat setiap orang pasti berbeda, jadi dalam hal ini Anda bisa menyesuaikannya sendiri. Dana darurat ini sangat penting selain membiasakan diri dalam menabung.

5. Pikirkan Tentang Investasi

Uang Anda akan sulit bertambah secara signifikan jika Anda enggan berpikir ke arah investasi. Dan tentunya tidak hanya dipikir saja, tapi Anda butuh action. Temukan model investasi yang aman dan menjanjikan yang sesuai dengan kadar keuangan Anda.

Dalam berinvestasi, jangan hanya terpaku pada besaran potensi profit, tapi usahakan untuk memilih jenis investasi yang relatif aman agar Anda tidak dihadapkan dengan risiko keuangan yang besar. Sesuaikan dengan ukuran keuangan Anda yang sebenarnya.

Penutup tentang keuangan pribadi

Tentu, pada prakteknya tidak mudah untuk mengatur keuangan pribadi secara baik, terlebih jika penghasilan kita pas-pasan. Namun, dengan perencanaan yang baik, setidaknya Anda sudah memiliki satu nilai plus untuk menyehatkan finansial Anda.

Sekian sharing informasi atau lebih tepatnya tips untuk mengatur keuangan pribadi yang baik. Semoga kesuksesan menyertai Anda.




0 comments

Post a Comment