Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret dan Syarat yang Diperlukan



Bayar pajak motor tahunan sekarang ini semakin mudah. Tersedia berbagai metode atau opsi pembayaran STNK yang dapat dipilih oleh para pemilik kendaraan bermotor, bisa langsung datang ke Samsat, bayar STNK secara online, dan juga bayar pajak perpanjangan STNK motor dan mobil lewat gerai Indomaret.

Pengalaman bayar pajak motor di Indomaret mungkin banyak ditanyakan orang, termasuk apakah syarat bayar SNTK di Indomaret harus pakai ktp pemilik. Pada dasarnya, Anda membutuhkan KTP atas nama kendaraan yang ingin Anda bayarkan pajaknya.

Sejatinya bayar perpanjangan STNK di Indomaret ini sangat praktis dan banyak dipilih orang karena selain tidak perlu antrean panjang, para pemilik motor atau mobil bisa menyelesaikan tanggungan pajak kendaraannya sambil belanja.

Jadi, Anda dapat menyelesaikan tagihan pajak motor Anda saat butuh belanja di Indomaret, entah itu untuk beli barang kebutuhan dapur, beli snack ataupun barang-barang lainnya. Inilah salah satu alasan mengapa sebagian orang lebih suka bayar pajak kendaraan melalui Indomaret.

Selain faktor praktis, alasan lain adalah karena seperti diketahui bahwa gerai Indomaret sangat banyak dan menyebar hampir di seluruh daerah, termasuk kawasan yang jauh dari perkotaan. Dengan begitu, para pemilik motor dan mobil tak jarang yang lebih memilih Indomaret dalam membayar pajak kendaraan mereka.

Syarat Bayar Pajak Motor di Indomaret

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Tentunya terdapat syarat bayar pajak motor di Indomaret yang perlu Anda persiapkan. Hal ini sama halnya dengan opsi lainnya, seperti misalnya bayar pajak STNK secara online.

Adapun syarat yang perlu dipersiapkan antara lain adalah sebagai berikut:

  1. KTP
  2. STNK asli
  3. Nomor ponsel yang masih aktif

Sejauh ini kami tidak mengetahui secara pasti apakah bayar pajak motor di Indomaret bisa tanpa KTP. Namun, Anda bisa mencobanya dengan menayankannya langsung ke pegawai Indomaret.

Silahkan Anda coba tanyakan terlebih dahulu, dan pastikan STNK asli telah Anda siapkan karena tentunya ini merupakan syarat mutlak yang harus dipenuhi jika ingin memperpanjang STNK.

Cara Bayar Pajak Motor di Indomaret

Jika syarat yang diperlukan sudah disiapkan, proses untuk cara bayar pajak motor di Indomaret adalah sebagaimana dijelaskan berikut ini:

  1. Silahkan periksa terlebih dahulu dokumen persyaratan sebagaimana dijelaskan sebelumnya, yakni KTP pemilik dan STNK kendaraan asli.
  2. Jika sudah menyiapkan syarat tersebut, silahkan kunjungi gerai Indomaret terdekat, lalu temui petugas kasir dan sampaikan ke yang bersangkutan bahwa Anda ingin melakukan pembayaran pajak motor.
  3. Berikan kepada petugas kasir informasi-informasi seperti nomor polisi dan nomor mesin sesuai dengan yang tertera di STNK serta nomor HP Anda.
  4. Jika sudah, silahkan melengkapi nominal pajak yang harus dibayar. Pembayaran pajak motor serta biaya administrasi bisa dilakukan langsung di kasir.
  5. Setelah selesai membayar pajak, struk pembayaran akan diberikan, dan Anda selaku pemilik kendaraan akan mendapatkan SMS berupa link yang isinya adalah Electronic Registration Identification (ERI).
  6. Anda bisa klik link tersebut, lalu akan tampil gambar tanda bukti pelunasan kewajiban pembayaran pajak elektronik (e-TBPKP) disertai dengan QR code.
  7. Terakhir, simpan bukti pembayaran tersebut. Struk pembayaran, e-TBPKP, dan QR code tersebut digunakan sebagai persyaratan untuk pengesahan STNK di kantor Samsat.

Itulah cara mudah bayar pajak motor lewat Indomaret. Jika kantor layanan bayar pajak motor jauh dari tempat Anda, bayar pajak melalui Indomaret mungkin bisa Anda pertimbangkan.

Bagaimana Cara Bayar Pajak Motor di Alfamaret?

Selain via Indomaret, pemilikik kendaraan bemotor juga bisa membayar pajak perpanjangan STNK melalui Alfamaret.

Adapun secara garis besar langkah-langkah bayar pajak motor di Alfamaret sama saja dengan pembayaran pajak STNK di Indomaret. Jadi, Anda cukup menyiapkan dokuman persyaratan yang diperlukan sebagaimana sudah dijelaskan diatas tadi.

Mau Bayar Perpanjangan STNK Motor Dimana?

Semakin banyak pilihan yang dapat dipertimbangkan oleh pemilik kendaraan yang ingin memperpanjang STNK. Selain dengan datang ke kantor Samsat, Anda juga bisa memilih opsi bayar via Indomaret ataupun Alfamaret.

Jika Anda tidak punya banyak waktu luang, sepertinya membayar STNK motor di Indomaret bisa jadi pilihan yang tepat untuk Anda.

Demikian informasi yang dapat kami sampaikan, dan jika memang tidak ada kendala dengan dana, sebaiknya jangan telat bayar pajak STNK motor Anda karena tentunya Anda akan terkena denda.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url