Tips Memilih Asuransi Kesehatan yang Tepat



Produk asuransi kesehatan merupakan salah satu jenis asuransi yang banyak dipilih oleh masyarakat. Maklum saja, karena setiap orang pasti butuh perlindugan untuk menjamin biaya medis mereka.

Bagaimana cara memilih asuransi kesehatan?

Sebuah pertanyaan penting bagi Anda yang belum banyak mengerti tentang asuransi kesehatan dan juga masih minim informasi mengenai perusahaan asuransi kesehatan terbaik yang bisa menjadi pilihan Anda.

Melalui tulisan ini, Meteorika akan berbagi dengan Anda apa saja hal-hal krusial yang patut diperhitungkan dalam memilih asuransi kesehatan untuk Anda dan keluarga.

Tentang Asuransi Kesehatan

Seperti apa persisnya asuransi kesehatan itu?

Secara garis besar, asuransi kesehatan adalah sebuah jenis asuransi yang secara khusus menjamin biaya kesehatan atau perawatan para anggota asuransi tersebut jika mereka jatuh sakit atau apabila mengalami kecelakaan.

Sesuai dengan penjelasan tentang asuransi kesehatan tersebut, asuransi kesehatan akan memberikan cover biaya perawatan selama peserta asuransi sakit mau pun mengalami kecelakaan.

Biaya yang di-cover oleh perusahaan asuransi kesehatan ini meliputi biaya rawat inap dan rawat jalan termasuk obat-obatan.

Saat memutuskan untuk beli asuransi kesehatan, pastikan apa saja detail biaya asuransi yang di-cover, sebab beberapa asuransi kesehatan hanya memberikan cover biaya selama rawat inap di rumah sakit dan dengan nominal pertanggungan yang relatif kecil. Jadi, simak baik-baik butir-butir dalam dokumen perjanjian.

Tips Memilih Asuransi Kesehatan

Memilih Asuransi Kesehatan

Jenis asuransi kesehatan sejatinya sangat penting untuk disiapkan dengan menyesuaikan kebutuhan Anda dan seluruh anggota keluarga serta mengacu pada ukuran financial.

Agar bisa mendapatkan produk yang terbaik, terjangkau, dan mampu memenuhi kebutuhan keluarga Anda, ada baiknya disimak beberapa kiat memilih asuransi kesehatan yang tepat seperti dijelaskan dibawah ini.

1. Pahami Manfaat Perlindungan yang Dibutuhkan

Memilih asuransi kesehatan terbaik tak dapat dilakukan tanpa mengetahui manfaat seperti apa yang dibutuhkan oleh Anda bersama keluarga. Sebagai contoh, pilih produk asuransi yang memberi perlindungan terhadap penyakit kritis saat orang tua mempunyai riwayat medis tersebut.

Intinya, hanya pilih produk asuransi yang berikan manfaat perlindungan sesuai kebutuhan keluarga agar biaya preminya lebih terjangkau.

2. Cermati Perbandingan Produk

Perlu diketahui, jika perusahaan asuransi di Indonesia cukup banyak dan memiliki daya tariknya tersendiri.

Hal ini berarti Anda memiliki banyak pilihan produk tersebut dan perlu membandingkannya agar bisa mendapatkan yang terbaik dan paling sesuai kebutuhan. Di sisi lain, ada banyak situs komparasi yang bisa dimanfaatkan untuk lebih praktis membandingkan produk asuransi kesehatan yang ditawarkan suatu perusahaan dengan perusahaan lainnya.

3. Ketahui Manfaat Rawat Inapnya

Manfaat ini mencakup penggantian biaya kamar, pengobatan, biaya dokter, hingga cek laboratorium.

Karena umumnya memiliki nominal yang besar, pastikan asuransi kesehatan yang akan Anda pilih memberikan manfaat perlindungan ini dengan plafon sesuai kebutuhan.

4. Cek Apa Saja Jenis Penyakit yang Ditanggung Biayanya

Semakin hari mungkin semakin banyak masyarakat menyadari akan pentingnya memiliki asuransi kesehatan.

Sayangnya, tidak semua produk memberikan perlindungan terhadap jenis penyakit tersebut. Karenanya, selalu cek terlebih dahulu kelengkapan daftar penyakit atau masalah kesehatan yang ditanggung oleh asuransi agar manfaatnya lebih optimal.

5. Penentuan Manfaat dan Premi Fleksibel

Hubungan antara biaya premi asuransi dan manfaat perlindungan asuransi pada dasarnya tidak dapat terpisahkan. Semakin lengkap dan besar manfaat perlindungan yang diberikan, biaya preminya juga umumnya akan menjadi lebih mahal.

Meski begitu, tak jarang perusahaan asuransi yang menawarkan perlindungan dengan plafon cukup besar dengan sistem limit gabungan. Dengan sistem tersebut, nasabah mampu mendapatkan pertanggungan yang fleksibel dan tak terbatas pada setiap jenis perawatan atau pengobatan saja.

6. Jaringan Mitra Rumah Sakit Luas

Akan percuma memilih asuransi kesehatan dengan plafon tinggi dan premi murah jika jaringan mitra rumah sakit yang tersedia sempit. Sebab, Anda tidak akan bisa mengajukan klaim jika tidak melakukan pengobatan di rumah sakit yang menjadi rekanan perusahaan asuransi.

Karenanya, cek dulu seberapa luas jaringan mitra rumah sakit dari produk asuransi yang akan dipilih dan pastikan lokasinya dekat dengan rumah atau tempat kerja.

7. Masa Tunggu Tidak Terlalu Lama

Sering diabaikan, tapi masa tunggu asuransi penting untuk diperhatikan durasinya. Jika terlalu lama, manfaat asuransi tidak akan bisa didapatkan.

Dalam kata lain, jika risiko yang ditanggung oleh asuransi terjadi ketika masih dalam durasi masa tunggu, maka nasabah tidak bisa mengajukan klaim perlindungannya.

8. Kemudahan Proses Klaim Perlindungan

Selain itu, hanya pilih produk asuransi yang memiliki proses dan syarat pengajuan klaim perlindungan yang simpel.

Opsi ini bisa lebih mudah didapatkan saat memilih produk dengan sistem pembayaran tagihan rumah sakit secara cashless. Dengan begitu, nasabah tidak perlu menalangi biaya pengobatan terlebih dahulu menggunakan uang pribadi, dan baru mengajukan reimbursement ke pihak penyedia layanan.

9. Pertanggungan terhadap Penyakit Kritis

Usahakan untuk memilih asuransi kesehatan keluarga yang menawarkan manfaat perlindungan terhadap penyakit kritis.

Mengingat biaya pengobatan terhadap penyakit tersebut umumnya sangat besar, perlindungan tersebut tidak boleh sampai terlewatkan guna mengoptimalkan manfaat asuransi.

10. Cek Kredibilitas dan Legalitas Perusahaan Asuransi

Nah, untuk yang terakhir dan juga sangat penting, jangan sampai lupa memperhatikan kredibilitas dan legalitas perusahaan asuransi.

Layanan yang terpercaya dan resmi hanyalah yang terdaftar di OJK atau Otoritas Jasa Keuangan dan memiliki rekam jejak yang jelas.

Selain itu, cek juga ulasan dan testimoni dari nasabah perusahaan asuransi untuk memastikan kredibilitasnya, khususnya terkait cakupan manfaat perlindungan dan kemudahan proses klaim-nya.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url