Jika Asuransi Tidak Terpakai Apakah Uang Pembayaran Premi Dikembalikan?



Asuransi merupakan sebuah produk perlindungan dengan beragam jenisnya, mulai asuransi kendaraan, asuransi kesehatan, asuransi jiwa, dan lain sebagainya.

Dalam kegiatan asuransi, Anda akan mengenal yang namanya premi dimana setiap tertanggung (nasabah) wajib membayar premi setiap bulannya sebagaimana perjanjian yang sebelumnya telah disepakati keduabelah pihak (perusahaan asuransi dan nasabah).

Adapun pertanyaan yang mungkin muncul bagi yang belum seberapa mengenal mengenai asuransi adalah "apakah uang pembayaran premi akan dikembalikan jika asuransi tak terpakai?".

Benefits yang dirasakan setiap tertanggung pada dasarnya adalah berupa klaim asuransi. Jadi, misalkan Anda membeli produk asuransi kesehatan dan disuatu waktu Anda membutuhkan biaya berobat, maka disitulah klaim asuransi bisa Anda ajukan sehingga biaya pengobatan Anda akan ditanggung oleh perusahaan asuransi.

Apakah Uang Pembayaran Premi Akan Dikembalikan Jika Tidak Ada Klaim Asuransi?

Jika Asuransi Tidak Terpakai Apakah Uang Pembayaran Premi Dikembalikan

Untuk mengetahui jawabannya, silahkan dibaca uraian singkat seperti ditulis dibawah ini agar Anda mengetahui dengan pasti seperti apa situasinya.

Dalam asuransi, terdapat sebuah istilah no claim bonus yang berhubungan dengan pengembalian premi asuransi yang Anda bayarkan. Namun, hal tersebut tergantung dari perjanjian dalam polis asuransi yang Anda pilih.

Terdapat beberapa perusahaan yang menerapkan no claim bonus, (umumnya maksimum 25 persen dari premi nasabah) jika dalam satu tahun periode polis sebelumnya tidak ada klaim yang diajukan. Akan tetapi fitur no claim bonus ini tidak berlaku untuk semua produk.

Misalnya saja produk medical cash plan atau gesek kartu. Produk ini jarang memiliki manfaat no claim bonus. Sementara itu, produk santunan kesehatan (reimburse) umumnya lebih banyak yang mempunyai fitur ini.

Salah satu perusahaan asuransi yang menggunakan fitur no claim bonus adalah Allianz MediCare. Tapi bagaimana jika uang tidak kembali karena sama sekali belum pernah klaim?

Mungkin Anda merasa rugi tapi Anda bisa renungkan, jika 10 tahun dari sekarang atau saat memasuki masa tua Anda menderita sakit dan membutuhkan dana pengobatan lebih dari jumlah premi yang sudah disetor sampai saat ini, masihkah Anda merasa rugi?

Satu hal yang perlu diingat bahwa asuransi itu tidak ada untung atau rugi finansial dalam penggunaannya. Karena keuntungan yang sebenarnya adalah kenyamanan Anda yang telah memiliki jaminan perlindungan kesehatan.

Inilah pentingnya memahami polis asuransi kesehatan yang Anda beli sehingga manfaat kenyamanan tadi dapat Anda rasakan tanpa merasa rugi secara finansial meskipun sepintas terasa demikian.

Kesimpulan Mengenai Uang Premi Jika Asuransi Tidak Terpakai

Jadi, mengacu pada penjelasan diatas, dapat ditarik sebuah kesimpulan bahwa produk asuransi tertentu memungkinkan tertanggung untuk mendapatkan uang premi mereka dengan jumlah sekian persen (tidak utuh).

Namun, produk asuransi lain seperti asuransi jiwa tidak memberlakukan pengembalian uang premi ke nasabah manakala asuransi mereka tidak di klaim. Adapun manfaat yang didapat bagi nasabah adalah sebuah perlindungan karena fungsi asuransi pada intinya adalah perlindungan - bukan keuntungan dalam hal finansial.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url