Asuransi Mobil All Risk Berapa? Ini Infonya



Jika Anda ingin memilih asuransimobil, kemungkinan besar Anda akan mempertimbangkan asuransi mobil all risk. Lalu, asuransi mobil all risk berapa biaya per bulan atau per tahunnya?

Sebelum ke poin inti, mari kita bahas dulu tentang asuransi mobil all risk supaya Anda bisa lebih paham mengenai jenis asuransi mobil yang satu ini serta perbedaannya dengan jenis asuransi mobil TLO.

Tentang Asuransi Mobil All Risk


Asuransi Mobil All Risk

Asuransi mobil all risk sendiri adalah jenis asuransi kendaraan yang memberikan Anda jaminan proteksi dari segala bentuk risiko yang bisa terjadi kapanpun dan di manapun.

Tipe Asuransi Mobil


Secara umum, asuransi mobil terdiri dari dua tipe, yaitu asuransi mobil all risk (komprehensif) dan Total Loss Only (TLO).

Perbedaan Asuransi Mobil All Risk dan Asuransi Mobil TLO


Sedangkan untuk asuransi TLO biasanya hanya memberikan jaminan penggantian jika mobil mengalami kerusakan yang mencapai lebih dari 75 persen nilai mobil serta kerugian akibat kehilangan atau kerusakan kendaraan.

Asuransi mobil all risk cenderung memiliki premi yang lebih tinggi dibandingkan dengan asuransi mobil TLO, karena asuransi jenis all risk akan memberikan perlindungan untuk mobil baik dari kecelakaan ringan maupun kecelakaan berat. 

Biaya Asuransi Mobil All Risk


Asuransi mobil all risk adalah jenis asuransi yang menjamin kerugian total, mulai dari sekadar lecet hingga kerusakan parah, sampai pencurian mobil. Pertanggungan asuransi all risk lebih lebih mahal dibandingkan dengan asuransi TLO, karena risiko yang dijamin lebih lengkap jika dibandingkan dengan TLO.

Besaran biaya asuransi mobil all risk mengacu pada rate yang sudah ditentukan OJK. Berikut ini harga asuransi mobil all risk terbaru:

KategoriHarga KendaraanWilayah IWilayah 2Wilayah 3
Kategori 10 – Rp125 juta3,82% – 4,20%3,26% – 3,59%2,53% – 2,78%
Kategori 2>Rp125 juta -Rp200 juta2,67% – 2,94%2,47% – 2,72%2,69% – 2,96%
Kategori 3>Rp200 juta -Rp400 juta2,18% – 2,40%2,08% – 2,29%1,79% – 1,97%
Kategori 4>Rp400 juta -Rp800 juta1,20% – 1,32%1,20% – 1,32%1,14% – 1,25%
Kategori 5>Rp800 juta1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%1,05% – 1,16%

Keterangan:


  • Wilayah 1: Sumatera dan Kepulauan di sekitarnya.
  • Wilayah 2: DKI Jakarta, Jawa Barat, dan Banten.
  • Wilayah 3: Selain Wilayah 1 dan Wilayah 2.

Ilustrasi Premi Asuransi Mobil All Risk


Sebagai ilustrasi, katakanlah Anda memiliki mobil senilai Rp250 juta.

Dengan berbagai risiko yang telah disepakati sejak awal, tarif biaya asuransi all risk mobil yang harus dibayar Anda sebesar 2 persen dari harga mobil. Dengan demikian, Anda harus membayar harga asuransi mobil OJK sebesar Rp5 juta per tahun.

Pada umumnya, asuransi all risk dibeli oleh orang yang membeli mobil baru dengan harga tinggi. Mobil baru yang berusia kurang dari 5 tahun rentan menghadapi berbagai risiko, seperti lecet, tergores dan sebagainya.

Biaya perbaikan mobil mahal biasanya lebih tinggi apabila mengalami berbagai risiko, mulai dari lecet sampai kecelakaan berat.

Penutup Mengenai Asuransi Mobil All Risk

Jika Anda punya pertanyaan berapa biaya asuransi mobil all risk, sekarang Anda sudah menemukan jawabannya. Jadi, Anda bisa mempertimbangkan memilih asuransi mobil all risk ataukah cukup dengan TLO.

Pastikan Anda pertimbangkan secara matang sebelum memilih salah satu dan jangan lupa juga untuk selalu memprioritaskan perusahaan asuransi mobil terbaik sebagai pilihan Anda.



Next Post Previous Post
No Comment
Add Comment
comment url